Raih WTP Lima Kali Berturut-turut, Pemkot Sukabumi Diganjar Penghargaan Kemenkeu

  • Bagikan

KABARINDAH.COM–Pemerintah Kota Sukabumi meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai salah satu pemerintah daerah yang memperoleh Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan selama lima kali berturut-turut. Hal ini disampaikan langsung oleh Wali Kota Sukabumi, Rabu (15/9).

” Alhamdulillah bersyukur karena pada Selasa (14/9), Kementerian Keuangan memberikan penghargaan atas capaian WTP lima kali berturut-turut,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi. Pencapaian ini menggambarkan Kota Sukabumi dinilai telah melaksanakan perencanaan dan pengelolaan keuangan sesuai regulasi yang ditetapkan pemerintah.

Fahmi juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) karena tidak mungkin tanpa dukungannya mendapat apresiasi dari Kementerian Keuangan. Namun SKPD jangan berpuas diri dengan apa yang telah dicapai karena tantangan ke depan berbeda termasuk pengelolaan keuangan juga berbeda.

Opini WTP ini ungkap Fahmi, sebagai bentuk dan bukti perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan dilakukan sesuai dan searah. Ia berharap masyarakat bisa menerima dengan maksimal hasil pembangunan.

Perolehan WTP ini menjadi momen untuk terus semangat dalam memperbaiki dan menyempurnakan perencanaan penganggaran, pelaksanaan sampai pertanggungjawaban APBD.

Diketahui, penghargaan ini diserahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati usai membuka acara Rakornas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2021 secara daring, Selasa (14/9).

Rakornas ini bertemakan ” Bangkitkan Ekonomi, Pulihkan Negeri, Bersama Hadapi Pandemi,” diikuti oleh seluruh Kementerian/lembaga dan pemerintah daerah di Indonesia.

Sebelumnya juga Pemkot Sukabumi pada tahun ini mendapat opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebanyak tujuh kali berturut-turut.

  • Bagikan