Mimpi Ambruk, Gempa Bumi dan Tanah Longsor, Inilah 4 Maknanya

  • Bagikan

KABARINDAH.COM — Gempa bumi dan tanah longsor adalah bencana yang kerap melanda dunia. Di Indonesia, kedua bencana ini juga tercatat paling sering terjadi, setelah banjir.

Selain kerap menimbulkan korban jiwa dan harta, setiap bencana yang terjadi di muka bumi ini memiliki beragam hikmah. Bencana gempa bumi dan tanah longsor menyadarkan kita bahwa manusia hanyalah makhluk lemah. Bencana juga mengajarkan kita untuk lebih cinta pada lingkungan hidup. Kerakusan dan kelalaian manusia kerap merusak alam dan lingkungan hidup.

Bahkan dalam mimpi sekalipun, gempa dan tanah longsor memiliki arti dan makna. Imam Muhammad Ibn Sirin dalam kitab Tafsir Mimpi berjudul “Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam” mengungkapkan, bermimpi tentang gempa dan tanah longsor saat tidur memiliki sejumlah makna.

Berikut adalah maknanya:

1. Dalam mimpi, gempa bumi berarti ancaman dari pihak penguasa.

2. Jika seseorang melihat tanah longsor dalam mimpinya, maka ini berarti bahwa ia akan menderita hukuman penyucian yang berat.

3. Gempa bumi biasanya berarti penyakit yang berat, atau sebuah wabah yang menimpa suatu populasi kota, atau wabah belalang, atau cuaca dingin, atau kekeringan.

4. Jika seorang jahat melihat tanah longsor dalam mimpinya, maka ini berarti hukuman atas dosa-dosanya, atau bahwa ia akan melakukan perjalanan panjang dan jauh, yang mungkin membuatnya tidak akan kembai lagi ke kampung halamannya.

Wallahu a’lam.

  • Bagikan