Realisasi Perbaikan RTLH di Kota Sukabumi Lampaui Target Hingga 2.600 Unit

  • Bagikan

KABARINDAH.COM–Realisasi perbaikan Rumah Tak Layak Huni di Kota Sukabumi mulai dari 2018 hingga 2023 telah mencapai 2.600 rumah. Angka tersebut melebihi target yang telah ditentukan sebelumnya, yakni sebesar 1.500 unit RTLH yang diperbaiki.

” Bersyukur dengan kerja keras dinas dan fasilitator, alhamdulillah Kota Sukabumi dapat berkah dari target 1.500 hingga kini sudah 2.600 rumah sudah diperbaiki jadi sudah jauh melampaui target,” ujar Wali Kota Sukabumi, Achmad Fahmi, Senin (27/9). Hal ini disampaikan di saat menghadiri penyerahan buku tabungan Bantuan Stimulans Rumah Swadaya (BSRS) Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Perumahan tahun anggaran 2021 di Aula Bank bjb Sukabumi.

Baca Juga:  Peduli Gender, Pemkot Sukabumi Raih Penghargaan APE Kategori Utama

Fahmi menjelaskan dalam UUD 1945 disebutkan perumahan layak, baik dan nyaman adalah hak dasar bagi masyarakat. Sehingga pemerintah memiliki kewajiban untuk intervensi warga yang tinggal di rumah kurang atau tidak layak.

Di mana jelasnya, ada beberapa skema bantuan untuk memperbaiki rumah tidak layak huni (RTLH) baik dari pemerintah pusat, provinsi, kota dan CSR dengan nama berbeda dan nilai berbeda-beda. Misalnya bantuan BSRS DAK 2021 sebesar Rp 20 juta. Rinciannya sebesar Rp 17,5 juta untuk bahan bangunan dan Rp 2,5 juta upah tukang.

Baca Juga:  Dukung Usaha Mikro, Pemkot Sukabumi Fasilitasi Perizinan Kerjasama

” Nilai bantuan ini hanya stimulans agar lebih nyaman karena rumah bagian dari membangun peradaban,” tutupnya.

Selain Wali Kota, kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi Asep Irawan dan pimpinan bjb Cabang Sukabumi Nurachman Wijaya dan perwakilan penerima sebanyak 11 orang dari total 63 orang warga.

Kabid Perumahan dan Pemukiman DPUTR Kota Sukabumi, Asep Yoni Ardiansyah pun turut menjelaskan, penerima BSRS pada 2021 ini sebanyak 63 orang warga. Sasaran perbaikan berada di 4 kelurahan yakni Sudajaya Hilir, Limusnuggal, Selabatu dan Cisarua.

Baca Juga:  Pemkot Sukabumi Naikkan Insentif RT dan RW Pada 2022 Mendatang

” Pada 2021 ini upaya perbaikan rutilahu ditargetkan sebanyak 1.273 unit. Rinciannya bantuan Rutilahu Jabar 610 unit, DAK BSRS sebanyak 63 unit dan Bantuan Stimulans Perumahan Swadaya (BSPS) 600 unit (Tahap pengusulan),” jelasnya.

Target RPJMD perbaikan rutilahu hingga 2023 sebanyak 1.500 unit. Namun pada 2020 sudah melampaui target mencapai sebanyak 2.604 unit atau 170 persen dari target.

  • Bagikan