Kabar  

Angkat Janji 40 Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners UMMI Terapkan Prokes

Perwakilan Mahasiswa Program studi Pendidikan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) foto bersama setelah selesai Angkat Janji. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium UMMI, Selasa (22/6).

KABARINDAH.COM—Mahasiswa Program studi Pendidikan Profesi Ners Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI) menggelar kegiatan Angkat Janji. Kegiatan ini dilaksanakan di Auditorium UMMI, Selasa (22/6).

Peserta yang hadir dari seluruh mahasiswa Pendidikan Profesi Ners Semester II UMMI sekitar 40 orang. Angkat Janji ini dihadiri oleh Rektor UMMI Sakti Alamsyah, Wakil Rektor II Rachmawati, Dekan Fakultas Kesehatan Hendri Hadiyanto, dan Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Ners, Ria Andriani, dan seluruh dosen Fakultas Kesehatan UMMI.

” Dengan adanya angkat janji ini dapat meningkatkan kemampuan dan tanggung jawab kalian selaku mahasiswa, agar bisa lebih berkontribusi di bidang kesehatan,” ujar Dekan Fakultas Kesehatan UMMI Hendri Hadiyanto. Saat ini Pendidikan Profesi Ners sedang melaksanakan praktik di beberapa rumah sakit di Sukabumi.

Baca Juga:  Gebyar Vaksinasi Ke Pelajar, Pemkot Sasar Pelajar MAN 2 Kota Sukabumi

Pelaksanaannya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum mahasiswa melaksanakan praktik ini, mahasiswa wajib melaksanakan tes Swab PCR, yang hasilnya hingga saat ini semuanya masih dalam keadaan sehat dan belum ada yang terpapar Covid-19.

” Dalam acara pengembangan program studi keperawatan dari D3 ke Pendidikan Profesi Ners ini terkait dengan kebutuhan, karena faktor administratif dan faktor globalisasi, rumah sakit- rumah sakit selalu meningkatkan pelayanannya untuk mengejar kesetaraan,” ucap Rektor UMMI Sakti Alamsyah.

Ia juga menjelaskan, rumah sakit-rumah sakit tersebut beberapa diantaranya sudah melakukan akreditasi, yang awalnya C menjadi B dan B menjadi A. Saat ini rumah sakit tipe C masih membuka lulusan D3 dan sedangkan tipe B dan A sudah membuka untuk lulusan S1 dan S2 keperawatan.

Baca Juga:  Pasar Pelita Sukabumi Tunggu Terbit Sertifikat Layak Fungsi (SLF) Bangunan Gedung

Sakti berharap mahasiswa UMMI yang akan memanfaatkan peluang itu. Terlebih diketahui UMMI sudah melakukan perjanjian dengan beberapa rumah sakit di beberapa negara seperti, Malaysia, Thailand, Taiwan, Jepang dan beberapa lainnya. Hal ini dimaksudkan untuk melakukan penyaluran tenaga medis dari lulusan UMMI Sukabumi.

Setelah rektor memaparkan penjelasannya, acara dilanjutkan dengan pembacaan janji Praklinik Mahasiswa Pendidikan Profesi Ners. Kegiatan ini dipimpin secara langsung oleh Ketua Program Pendidikan Profesi Ners UMMI, Ria Andriani dan kegiatan ini ditutup dengan foto bersama seluruh dosen dan peserta kegiatan.