Bisnis  

Sebelum Liburan, Yuk, Siapkan 4 Jenis Asuransi Ini!

KABARINDAH.COM – Libur nasional jelang akhir pekan ini dapat dipadukan dengan cuti sehingga menghasilkan hari libur yang lebih panjang untuk melakukan perjalanan wisata.

Libur yang panjang dapat membuat penyusunan perjalanan menjadi lebih leluasa. Termasuk menyasar tempat libur yang lebih menantang dengan persiapan yang matang.

Akan tetapi, sebagian besar orang yang ingin melakukan liburan ke tempat baru terkadang hanya mempersiapkan hal-hal yang berhubungan dengan persiapan kepergiannya, seperti penginapan, akomodasi, daftar tempat yang ingin dituju hingga pengelolaan biaya.

Namun, sebenarnya ada hal lain yang bisa dipersiapkan agar liburan panjang bisa lebih terasa aman dan tenang. Salah satunya adalah dengan memiliki asuransi.

“Momen liburan sudah pasti ditujukan untuk bersenang-senang. Namun yang namanya risiko tentu ada saja baik dari faktor internal ataupun risiko lainnya dari faktor eksternal. Oleh karena itu, dengan memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko yang mungkin terjadi bisa membuat liburan makin peace of mind,” ujar L. Iwan Pranoto, Head of Communication and Customer Service Management Asuransi Astra.

Baca Juga:  Lee Su Jin, Petugas Kebersihan yang Berubah Menjadi Konglomerat

Iwan menuturkan, asuransi merupakan salah satu solusi yang dapat memberikan perlindungan lebih terhadap berbagai ketidakpastian yang bisa saja terjadi.

Terdapat berbagai pilihan produk asuransi yang bisa Anda pertimbangkan untuk melindungi berbagai hal agar saat pergi berlibur tetap dapat merasa semakin aman dan tenang sebagai berikut:

1. Asuransi Kendaraan

Selain memastikan kendaraan dalam keadaan yang baik dan berfungsi normal, serta sudah tersedia ban cadangan hingga toolkit yang dapat membantu saat dalam keadaan darurat, risiko di luar kendali bisa saja terjadi saat dalam momen liburan.

Untuk memberikan perlindungan lebih terhadap kendaraan pribadi, terdapat asuransi mobil dan asuransi motor yang dapat memberikan rasa peace of mind saat berkendara.

Baca Juga:  5 Tanda Kamu Udah Melek Keuangan

2. Asuransi Perjalanan

Tidak sedikit juga orang yang memilih liburan antarkota, pulau, atau bahkan negara dengan menggunakan alat transportasi darat, laut, hingga udara. Namun, dengan situasi dan kondisi yang belum sepenuhnya stabil mengakibatkan beberapa kebijakan bisa berubah-ubah.

Hal ini beriringan juga dengan berbagai risiko yang mungkin terjadi, seperti pembatalan dan perubahan perjalanan, keterlambatan perjalanan, kehilangan dan kerusakan bagasi, hingga kehilangan barang pribadi.

Disinilah peran asuransi perjalanan dapat membantu Anda ditengah ketidakpastian atas risiko-risiko tadi yang mungkin dihadapi saat hendak pergi liburan.

3. Asuransi Rumah Tinggal

Pergi berlibur sudah pasti kita harus memastikan keamanan rumah dengan baik karena akan ditinggal dalam beberapa waktu. Untuk menyiasatinya mungkin ada penjaga di rumah atau beberapa lagi mungkin dititip kepada tetangga dekat rumah.

Baca Juga:  Ajak Warga Bertani, Mentan Siap Tingkatkan SDM Pertanian di Tanah Papua

Namun, apakah dengan begitu sudah menjamin rumah dalam keadaan aman? Asuransi rumah tinggal dapat memberikan perlindungan terhadap rumah dari risiko kebakaran, kerusuhan dan huru-hara, hingga tertabrak kendaraan, sehingga pelanggan bisa lebih tenang saat pergi berlibur.

4. Asuransi Kesehatan

Pada bulan Mei ini cuaca bisa jadi panas terik, bisa juga turun hujan. Terlebih saat liburan biasanya jadwal padat untuk mengunjungi beberapa lokasi yang sudah masuk ke dalam daftar.

Situasi seperti ini memungkinkan Anda sakit karena kelelahan, pencernaan terganggu, atau gangguan kesehatan lainnya. Anda bisa mempersiapkan asuransi kesehatan untuk memberikan perlindungan kesehatan menyeluruh.