5 Tanda Kamu Udah Melek Keuangan

  • Bagikan
illustrasi Uang (Freepik)

KABARINDAH.COMKesejahteraan hidup masyarakat dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satunya literasi keuangan atau bagaimana masyarakat dapat mengelola keuangannya.

Melek finansial atau literasi keuangan adalah pengetahuan keterampilan dan keyakinan yang mempengaruhi sikap serta perilaku untuk meningkatkan pengambilan keputusan dan pengelolaan keuangan yang berkualitas dalam rangka mencapai kesejahteraan.
Melek finansial ini tentunya sangat penting dan harus dibudayakan oleh masyarakat Indonesia.

Hal ini ditujukan agar kita mampu mengelola keuangan sendiri dengan bijak. Lalu apa saja tanda kamu telah melek finansial?

1. Punya Tabungan
Selalu menyisihkan penghasilan untuk di tabung jadi ciri utama bahwa anda sudah melek soal keuangan. Tabungan ini membantu kita dalam menggunakan anggaran atau uang, sehingga kita sudah mempersiapkan posnya masing-masing. Hal ini membuat kodisi keuangan kita akan semakin baik dan tidak akan khawatir saat kondisi darurat.

2. Mulai Investasi
Mereka yang sudah sadar mengenai pentingnya mengelola keuangan paham bahwa semakin muda mereka berinvestasi, maka semakin besar pula return yang akan dihasilkan di masa tua. Perlu diingat bahwa investasi ini banyak macamnya tidak selalu melulu soal aset. Tapi ilmu, skill bahkan perbuatan baik juga bisa dibilang investasi.

3. Tujuan Finansial Jelas
Biasanya jiga kita sudah melek keuangan memiliki tujuan finansial yang jelas. Biasanya ia akan mencatat pengeluaran dan pemasukan serta mengupayakan pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan.

4. Punya Asuransi
Resiko sakit atau tiba-tiba meninggal sudah pasti dialami semua orang. Orang yang sudah mengerti keuangan tentu tidak akan mau keuangannya atau bahkan keluarganya terganggu karena tidak bisa bekerja atau harus membayar biaya kesehatan yang besar karena resiko tadi. Maka memiliki asuransi penting untuk mengatasi hal ini.

5. Memiliki Kualitas Hidup yang Baik
Tentu saja bila kamu sudah melek keuangan, kualitas hidup kamu akan membaik. Kamu sudah paham cara mengontrol, merencanakan hingga membelanjakan yang nantinya akan berimbas kepada kualitan hidup yang lebih baik.

Jadi bagaimana? Dari tanda-tanda diatas apakah kamu masuk kedalam kategori yang sudah melek keuangan?

  • Bagikan