5 Cara Merawat Mobil Pribadi Supaya Hemat Bensin

KABARINDAH.COM – Menggunakan mobil pribadi saat bepergian memerlukan biaya yang tidak sedikit apalagi untuk membeli BBM. Nah, untuk kalian yang ingin menggunakan mobil pribadi, dikutip dari laman TrenAsia.com, redaksi rangkum trik untuk hemat BBM selama dalam perjalanan.

1. Sesuaikan Tekanan Ban

Tekanan angin pada ban perlu mendapat perhatian lebih, pastikan ban tidak mengalami kekurangan angin. Jika tidak bahan bakar akan cepat habis karena kurangnya tekanan ban.

2. Kurangi Penggunaan AC

Penggunaan AC dalam mobil secara terus menerus dan waktu yang lama membuat bensin anda tergerus secara cepat. Untuk itu atur penggunaan AC saat mudik dengan mematikan AC saat jalanan lancar.

Baca Juga:  Rayakan Anniversari ke 13, TeRuCi Chapter Bogor Touring Ke Batu Raden

3. Jangan Berkendara Terlalu Cepat

Selama berkendara usahakan kecepatan mobil tidak lebih dari 80 kilometer per jam, karena semakin cepat perputaran mesin semakin cepat pula bahan bakar yang dihabiskan. Selain itu tidak berkendara dengan cepat dapat meminimalisir risiko kecelakaan.

4. Hindari Muatan Berlebih

Saat mudik perhatikan juga muatan yang dibawa, sebaiknya bawa barang yang diperlukan saja. Karena jika mobil memiliki muatan yang berlebihan akan berpengaruh ke borosnya bahan bakar serta berbahaya bagi keselamatan pemudik di jalan.

5. Service Berkala

Melakukan service berkala dapat mengehemat penggunakan bensin lho, selain itu Anda juga dapat memastikan kondisi mobil prima selama mudik. Idealnya lakukan service berkala setiap 3 bulan sekali dan memeriksa kompone kendaraan.