Mahasiswa Kudu Tahu! Inilah 5 Langkah Memilih Tempat Magang

KABARINDAH.COM – Di beberapa kampus, magang menjadi mata kuliah wajib yang harus diambil oleh mahasiswa. Bukan hanya mahasiswa, magang juga berlaku untuk siswa SMK sebelum melanjutkan ke dunia kerja.

Selain berfungsi untuk memperbanyak pengalaman pribadi dan portofolio Curriculum Vitae (CV), kegiatan magang juga akan meningkatkan kemahiran dalam berkomunikasi dan berorganisasi secara profesional.

Nah, bagi kalian yang sedang mencari tempat magang, sebaiknya perhatikan dan riset lebih jauh perusahaan yang ingin dituju.

Berkaitan dengan itu, Ditjen Pendidikan Vokasi dalam unggahan Instagram resminya membagikan sejumlah tips untuk bantu kamu memilih tempat magang yang ideal. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Pilih Perusahaan Sesuai Jurusan.

Tips pertama yang harus kamu lakukan dalam memilih tempat magang adalah cari perusahaan yang sesuai dengan jurusan kuliahmu. Jangan sampai perusahaan yang dipilih justru tidak mengakomodasi kompetensi dan keahlian.

Baca Juga:  Sebelum Liburan, Yuk, Siapkan 4 Jenis Asuransi Ini!

Alhasil, kamu tidak akan mendapat ilmu yang sesuai dengan jurusan. Selain itu, kamu juga tidak mengetahui apa yang sedang berkembang di bidang kompetensimu.

2. Kredibilitas Perusahaan.

Kredibilitas perusahaan jadi tips yang tak kalah penting saat kamu mencari tempat magang. Kredibilitas ini bukan hanya tentang nama besar perusahaan, tapi juga berkaitan dengan bagaimana manajemen perusahaannya, sistem kerja, lingkungan dan budaya kerja, dan lain sebagainya.

3. Benefit yang Ditawarkan.

Selanjutnya perhatikan benefit atau keuntungan yang ditawarkan oleh perusahaan. Magang bukan hanya bertujuan memenuhi mata kuliah wajib, tapi juga sebagai salah satu media untuk memperluas relasi.

Selain itu, magang juga dapat dijadikan batu pijakan untuk meniti karir di masa depan. Jadi, pastikan hal-hal tersebut jadi pertimbangan saat kamu memilih tempat magang.

Baca Juga:  Tim Dosen Sistem Informasi Fasilkom UMB Ajak Kader PKK Manfaatkan Iptek di Masa Pandemi

4. Lokasi Magang.

Umumnya, magang bisa dilakukan di mana saja. Semua pilihan kamu memiliki keuntungan dan kekurangannya tersendiri, tetapi ketika kamu magang di perusahaan luar negeri, pastinya hal itu akan memberikan kamu nilai tambah.

Terlebih, peluang magang di luar negeri juga terbuka lebar melalui berbagai skema.

5. Perhatikan Job Description.

Tips yang harus kamu perhatikan yaitu ketahui tugas yang akan kamu lakukan saat magang. Kamu harus pastikan kalau tempat magang yang kamu tuju sesuai dengan keilmuan yang kamu pelajari.

Memastikan job description memiliki fungsi agar kamu lebih fokus saat magang dan beban kerja tidak terlalu berlebihan.