8 Tanda Kelelahan Mental dan Cara Mengatasinya

KABARINDAH.COM, Jakarta – Apakah kamu pernah merasakan mudah kehilangan semangat dan gampang lelah? Mungkin tak sadar kamu sedang mengalami kelelahan mental.

Seperti yang diketahui, yang bisa lelah itu tidak hanya tubuh, tetapi juga mental. Seseorang dengan kelelahan mental mungkin tidak akan langsung menyadari kondisinya, sebab gejalanya akan dirasakan secara bertahap.

Awalnya, tanda-tanda kelelahan mental tidak akan menjadi suatu masalah besar. Namun, seiring berjalannya waktu, kondisi ini bisa menjadi lebih buruk.

Lantas apa tanda-tandanya? Berikut ini ulasannya dikutip dari akun instagram Ditjen GTK Kemdikbud RI.

Tanda-tanda mental sudah lelah:

1. Melakukan hal buruk, seperti mengonsumsi obat terlarang
2. Alami susah tidur (insomnia)
3. Terus merasa lelah
4. Gampang marah
5. Sulit konsentrasi
6. Merasa putus asa atau tidak bersemangat
7. Merasa cemas sepanjang waktu
8. Sering melamun

Baca Juga:  Langkah Mudah Kecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga!

Jika kamu merasakan hal itu, tentu perlu dipahami bahwa pikiran dan tubuh perlu diatur kembali. Ada beberapa gaya hidup atau pola pikir yang perlu diubah untuk meringankan kelelahan mental.

Cara Mengatasi Kelelahan Mental

Berikut ini cara mengatasinya dirangkum dari Healthline:

1. Hilangkan Penyebab Stres

Misalnya kamu sedang kewalahan dengan tanggung jawab di tempat kerja. Maka pertimbangkan untuk meminta bantuan atasan atau rekan kerja untuk berdiskusi dan mencari jalan tengahnya.

2. Wajib Luangkan Waktu untuk Beristirahat

Jika merasa mental sedang lelah, maka berhenti saat itu juga dan coba untuk beristirahat dan memulihkan tenaga. Karena dengan begitu, tubuh dan otak juga akan ikut pulih.

Kamu bisa mengosongkan waktu untuk menyendiri atau melakukan hal disukai. Hal itu akan mengeluarkan hormon kebahagiaan yang membantu mental lebih positif.

Baca Juga:  Wow, Real Madrid Kepincut Mbappe. Ini Harga Fantastis yang Ditawarkan kepada PSG

3. Tidur dengan Lebih Baik

Tidur yang berkualitas tidak hanya meningkatkan kesehatan fisik yang baik, tapi membantu kesejahteraan mental dan emosional. Cobalah memaksakan diri untuk mendapatkan 7 hingga 8 jam tidur yang direkomendasikan setiap malam agar dapat membantu menghilangkan kelelahan mental dan fisik.

4. Cobalah Bersyukur Setiap Harinya

Ketika pikiran sudah merasa terkuras dan sedih, biasanya pikiran-pikiran negatif yang menyusahkan bisa berlebihan. Untuk mengontrol emosi dan pikiran, maka perlu fokus kembali pada hal-hal yang bisa dinikmati dalam hidup. Cobalah untuk mensyukuri banyak hal setiap harinya.

5. Berolahraga

Sebuah studi tahun 2010 terhadap 533 polisi Swiss dan korps layanan tanggap darurat menemukan bukti yang menunjukkan bahwa olahraga ringan tidak hanya dikaitkan dengan peningkatan kesehatan.

Baca Juga:  Cara Melacak Suami Via Smartphone Agar Tidak Seperti Layangan Putus

Namun juga membantu melindungi dari masalah kesehatan terkait stres sehingga stres lebih mudah diatasi. Kemudian penelitian dari 2014 juga mendukung temuan ini.

Dalam sebuah studi terhadap 111 orang dewasa yang sehat, penulis studi menemukan bahwa mereka yang berolahraga secara teratur tampaknya memiliki ketahanan emosional yang lebih besar dalam menghadapi stres yang tinggi.

Nah, itulah beberapa tanda-tanda kelelahan mental dan cara mengatasinya. Yuk mulai sekarang coba pahami diri sendiri dengan meluangkan waktu untuk beristirahat, bersyukur, dan mengarahkan pikiran hal-hal yang positif!