Bisnis  

5 Langkah Bisnis Untung Besar Hewan Kurban untuk Idul Adha

KABARINDAH.COM – Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban adalah momen di mana umat muslim melakukan ibadah kurban. Momen ini selalu ditunggu-tunggu setiap tahunnya.

Dengan adanya momen ini, ternyata tercipta peluang bisnis musiman yang bisa Anda coba. Bisnis ini pun berpotensi memberikan keuntungan besar untuk Anda.

Lantas, hal apa saja yang dapat Anda persiapkan sebelum memulai bisnis hewan kurban?

Berikut beberapa tips bisnis jualan hewan kurban yang bisa Anda coba, dilansir dari berbagai sumber:

1. Pilih hewan yang Anda ingin jual

Untuk memilih hewan yang Anda ingin jual, Anda perlu mempertimbangkan pengetahuan dalam mengetahui hewan kurban yang layak.

Contohnya, Anda memiliki pengetahuan dalam mengetahui kesehatan hewan kurban, asal muasal, dan detail-detail lainnya seperti cairan yang keluar dari tubuh hewan kurban.

Baca Juga:  Jakpreneur Fest 2021 Gandeng Shopee Diapresiasi Menteri Koperasi dan UKM RI

2. Pertimbangkan modal

Pertimbangan lainnya yang dapat Anda perhatikan adalah modal yang perlu Anda siapkan. Contohnya jika Anda menjual sapi harganya akan lebih mahal dibandingkan kambing.

Kemudian jika Anda ingin mendapatkan modal yang lebih murah, Anda dapat mencoba untuk membeli langsung dari peternakan.

3. Siapkan strategi penjualan Anda

Jika sudah menentukan baik dari pengetahuan Anda dan modal untuk hewan kurban, selanjutnya Anda dapat mempertimbangkan untuk membuat strategi penjualan Anda.

Contohnya, Anda dapat mencoba untuk menawarkan langsung kepada pelanggan. Opsi lainnya yang dapat Anda lakukan adalah melakukan promosi secara daring.

Pastikan Anda melakukan promosi dengan tepat agar promosi Anda menjadi lebih efektif.

Baca Juga:  Langkah Mudah Kecilkan Perut Buncit Tanpa Olahraga!

4. Strategi bagi hasil

Jika Anda merasa tidak terlalu yakin, Anda bisa menggunakan sistem bagi hasil. Anda dapat membeli kambing atau sapi dengan jumlah tertentu dan menjualnya sesuai dengan harga pasaran.

Biasanya untuk bagi hasil sendiri, para penjual menggunakan skema 60:40 atau 70:30. 60 persen hingga 70 persen merupakan keuntungan untuk penjualannya, dan Anda sebagai pemodal bisa mendapatkan 30 persen hingga 40 persen.

5. Menjadi peternak

Opsi lainnya adalah Anda dapat menjadi peternak. Anda bisa memulainya satu tahun sebelum Idul Adha. Jika Anda menjadi peternak, otomatis Anda akan mendapatkan keuntungan yang tinggi.

Sedangkan Anda juga bisa mendapatkan keuntungan dari hasil perkawinan hewan ternak, sehingga Anda tidak perlu membeli lagi.