Halal  

Resep Lezat dan Cara Membuat Kue Dadar Gulung

KABARINDAH.COM – Camilan tradisional khas Indonesia ada banyak dan tak kalah nikmat dengan camilan kekinian. Salah satu camilan yang banyak disukai orang adalah kue dadar gulung.

Kue ini terbilang mudah dibuat dan bahannya juga murah. Berikut resep kue dadar gulung. Resep ini bisa menghasilkan 30 potong kue, dengan waktu pembuatan lebih kurang 40 menit.

Bahan kue dadar gulung:

– ½ buah kelapa parut
– 125 gram gula merah
– 250 gram tepung terigu
– Air Garam secukupnya
– 3 tetes pewarna makanan

Cara membuat kue dadar gulung:

Masak gula merah dengan air secukupnya hingga larut. Masukkan kelapa parut ke dalam larutan gula merah, sebaiknya gunakan kelapa yang masih muda agar lebih nikmat. Aduk kelapa dengan larutan gula merah hingga mengering.

Baca Juga:  Betapa Mudahnya Bikin Soto Ayam Khas Betawi. Ini Caranya!

Diamkan campuran kelapa paurt dan gula merah hingga suhu ruang. Larutkan 250 gram tepung terigu dengan 600 ml air, tambahkan pewarna makanan berwarna hijau aduk hingga rata.

Cetak kulit pada teflon anti lengket (ukuran sesuai selera). Masak kulit jangan sampai kering, biarkan pada kondisi masih lembek dan elastis. Mulai proses isi dengan cara taruh satu sendok teh kelapa gula merah ke atas kulit kue, memarkan agar isi merata dari ujung ke ujung.

Lipat kulit seperti amplop dan gulung. Cara melipatnya sama persis dengan risol atau lumpia. Agar lebih mudah menggulung bisa menggunakan bantuan alas plastik. Kue dadar gulung selesai dibuat, sajikan Bersama dengan teh atau kopi hangat sebagai cemilan keluarga.