Halal  

Tempe Mendoan Tampil di Google Doodle! Inilah Resep dan Cara Membuatnya

KABARINDAH.COM – Mendoan adalah makanan sejenis gorengan yang berasal dari Eks Keresidenan Banyumas, Jawa Tengah. Kata Mendoan sendiri berasal dari bahasa Banyumasan, yaitu mendo yang berarti setengah matang atau lembek.

Dengan demikian, Mendoan artinya kegiatan memasak dengan minyak panas yang banyak dengan cepat sehingga masakan tidak benar-benar matang. Bahan makanan yang paling sering diolah menjadi mendoan adalah tempe dan tahu.

Tempe mendoan mempunyai jenis tempe yang khusus, dengan ciri bentuk yang tipis. Hindari mendoan yang sudah agak kehitaman, biasanya tempe mendoan yang dihasilkan rasanya agak sedikit pahit.

Nama tempe mendoan disematkan pada tempe tipis khusus walaupun masih belum digoreng, dengan tujuan untuk memudahkan dalam transaksi jual beli tempe dan juga untuk membedakan dengan jenis tempe yang lain.

Pengolahan tempe mendoan dapat dilakukan menjadi tiga macam, yaitu mendoan goreng basah, mendoan goreng kering dan juga keripik mendoan.

Baca Juga:  Bila Berkunjung Ke Ibu Kota, Jangan Lupa 7 Kuliner Khas Jakarta Legendaris Ini

Tempe mendoan mudah ditemui di warung tradisional di daerah Keresidenan Banyumas, seperti Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, Kebumen, dan Banyumas.

Wilayah Banyumas para wisatawan bisa membeli oleh-oleh makanan mendoan tempe di daerah Sawangan, Banyumas. Rasa yang enak membuat makanan ini begitu dikenal hingga keluar daerah Banyumas.

Di kota-kota lain di Jawa Tengah seperti Semarang, mendoan lebih merujuk ke tempe goreng tepung atau di daerah lain seperti Kabupaten Wonosobo disebut tempe kemul yang berbentuk tipis itu hanya irisan, hal ini sedikit menimbulkan kerancuan terutama bagi pendatang dari Jawa Tengah bagian barat.

Mendoan Banyumas berbeda dengan mendoan dari beberapa kota di wilayah Jawa Tengah. Walaupun sama dengan mendoan-mendoan lainnya, mendoan khas Banyumas ini juga lebih nikmat apabila disajikan dengan keadaan hangat.

Makanan ini dapat dibuat tanpa memperhatikan besarnya tempe atau banyaknya tepung, mendoan tanpa tempe, atau mendoan dari bekas sisa adonan tepung juga nikmat disantap. Biasanya mendoan disajikan sebagai makanan pendamping ketika memesan Sroto Sokaraja.

Baca Juga:  3 Resep Masakan Sunda Legendaris, Karedok Bikin Ketagihan

Mendoan juga dikenal di daerah pesisir pantai utara Jawa Tengah bagian barat, seperti Tegal dan Brebes. Di daerah tersebut, mendoan biasa dijajakan di tempat-tempat wisata, seperti pantai atau di pedagang kaki lima dan angkringan.

Resep Tempe Mendoan:

Bahan-bahan:

– 500 g tempe, iris tipis
– minyak goreng
– Bumbu Perendam, Aduk Rata:
– 200 ml air
– 2 siung bawang putih, haluskanCek Promo
– ½ sdt ketumbar bubuk
– ½ sdt garam

Tepung Pelapis:

– 300 g tepung terigu
– 2 sdm tepung kanji
– 100 g tepung beras
– 600 ml air
– 1 sdm ketumbar bubuk
– 6 siung bawang putih, haluskanCek Promo
– 4 cm kencur, haluskan
– 1 sdt garam
– 4 batang daun bawang, iris halusCek Promo

Baca Juga:  3 Sajian Ikan Patin Lezat yang Wajib Anda Cicipi, Ini Resepnya

Pelengkap:

– Sambal kecap

Cara membuat tempe Mendoan:

Lumuri tempe dengan bumbu perendam, ratakan. Sisihkan selama 15 menit agar bumbu meresap. Larutkan tepung terigu, tepung kanji, dan tepung beras dengan air, aduk hingga licin.

Masukkan ketumbar, bawang putih, kencur, dan garam, aduk hingga rata. Masukkan daun bawang, aduk rata. Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan. Celup 1 lembar tempe dalam tepung pelapis, segera masukkan ke dalam minyak panas.

Goreng tempe sebentar saja (tidak sampai kering), angkat, tiriskan. Sajikan panas dengan sambal kecap. Tambahkan bumbu kari dalam campuran bumbu perendam tempe untuk rasa yang lebih gurih.