Kabar  

Perkokoh Ekosistem Halal, MES Jawa Barat Gelar Jabar Islamic Economic Forum 2022

KABARINDAH.COM – Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Jawa Barat, Dr Zaenal Aripin membuka secara resmi ajang 6th Jabar Islamic Economic Forum (JIEF) 2022.

Acara yang mengangkat tema kolaborasi membangun ekosistem produk halal dan penguatan UMKM syariah di Jawa Barat ini, berlangsung di Gedung Bumi HIK Parahyangan Cileunyi Kab. Bandung, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Dalam sambutannya, Zaenal Aripin menegaskan, kolaborasi menjadi kata kunci bagi keberhasilan industri keuangan syariah dan produk halal di Jawa Barat. Silaturahmi dan komunikasi menjadi syarat bagi terciptanya kolaborasi.

“Kolaborasi dapat terlaksana dengan diawali dengan silaturahmi. Jadi Kalau kita ingin kolaborasi, maka yang pertama harus dilakukan adalah menjalin silaturahmi dulu,” papar Zaenal Aripin.

Baca Juga:  Anies Baswedan Lepas Duta Imam Tarawih Ramadhan 1442 H ke Masjid-Masjid di Jakarta

Ia menjelaskan, kolaborasi membangun ekosistem produk halal dan penguatan UMKM syariah di Jawa Barat yang menjadi tema JIEF tahun 2022 merupakan wujud dari MES Jawa Barat dalam melaksanalan silaturahmi untuk mewujudkan kolaborasi tersebut.

“MES sebagai wadah tempat bertemumya bukan hanya pelaku industri keuangan syariah, tali juga pelaku bisnis dan juga masyarakat umum,” tegasnya.

Setelah silaturahmi dilaksanakan, lanjut Zaenal Aripin, maka syarat berikutnya untuk terwujudnya kolaborasi adalah kominikasi.

“Komunikasi yang dilakukan dengan semua pihak termasuk dengan para pemangku kebijakan yakni pemerintah menjadi hal yang penting dilakukan untuk terciptanya kolaborasi,” lanjut Zaenal Aripin

Dalam acara yang dihadiri oleh sejumlah perwakilan pengurus MES kabupaten Kota di Jawa Barat tersebut, Zaenal Aripin juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebagai provinsi pertama dan satu satunya yang telah memiliki Peraturan Gubernur tentang Produk Halal.

Baca Juga:  Road to JMFW, Pagelaran Fesyen Muslim yang Diharapkan Wujudkan Produk Halal Dunia

6th JIEF 2022 merupakan agenda runtin MES Jawa Barat. Ketua Panitia JIEF 2022, Iman Harjono mengatakan, kegiatan ini dihadiri oleh para pelaku industri keuangan syariah, pelaku bisnis produk halal dan masyarakat umum.

“Tujuan kegiatan ini adalah membangun kerjasama dalam bentuk ekosistem produk halal serta menyambungkan antara pelaku industri keuangan syariah dan pelaku bisinis produk halal di Jawa Barat,” katanya.

Hal tersbut, menurut dia untuk menguatkan eksistensi Provinsi Jawa Barat sebagai kiblat industri produk halal nasional.

“JIEF 2022 ini kami menghadirkan narasumber sebagai pemateri adalah Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat, Yuke Maulani Septina dan Dr Daniel Ahmad Nurdianto dari Dinas KUK Provinsi Jawa Barat,” pungkasnya.

Baca Juga:  Kuliah Agribisnis Bukan Sekadar Praktik Bertani atau Budidaya