Halal  

6 Langkah Praktis Memilih Makanan Halal Saat Traveling Ke Negara Non-Muslim

KABARINDAH.COM – Ketika bepergian ke suatu kota atau negara, mencari kuliner halal salah satu hal yang wajib diperhatikan para traveler muslim. Apalagi jika kota atau negara yang dikunjungi dalam waktu lama merupakan destinasi yang didominasi bukan masyarakat Muslim.

Selain mencari referensi restoran halal di kota atau negara yang dituju, ada beberapa hal yang perlu kamu lakukan tentang cara memilih makanan halal saat traveling, seperti dilansir dari laman Halal Times.

1. Lakukan riset dahulu

Salah satu jadi hal penting, kamu bisa cari tahu apakah ada restoran halal atau masjid di daerah tersebut.

Sebelumnya, pastikan terlebih dulu kota atau destinasi yang akan dituju, lalu riset tentang segala hal berbau kuliner halal dan catat di itinerary mulai dari nama, lokasi restoran, jam buka, hingga harga agar selama traveling tidak perlu menghabiskan waktu untuk mencarinya lagi.

Baca Juga:  Ini Lho Cara Daftar dan Buka Tabungan Haji

2. Membuat makanan sendiri

Karena restoran halal tidak selalu mudah ditemukan, salah satu cara yang bisa kamu lakukan saat lapar yaitu menyewa apartemen dan memasak sendiri dengan bahan-bahan yang sudah terjamin kehalalanya.

Tetapi ini direkomendasikan untuk kamu yang ingin melakukan liburan yang lama, ya.

3. Pilih apartment

Kamu dapat menghemat banyak uang dengan menyewa apartemen selama traveling dibandingkan menginap di hotel, karena apartemen biasanya lebih murah. Kamu juga dapat menghemat uang dan menyiapkan makanan sendiri di apartemen dibanding makan di luar.

4. Mencoba makanan vegan

Pescatarian adalah vegetarian atau vegetarian yang hanya mengkonsumsi ikan. Karena makanan laut dianggap halal bagi umat msulim dan tidak membutuhkan macam-macam bahan, menjadi vegan lebih mudah daripada mencari makan non-vegetarian yang belum tentu halal.

Baca Juga:  Keren! Lembaga Pemeriksa Halal UIN Bandung Terakreditasi BPJPH Kemenag RI, Siap Layani Sertifikasi buat UMKM

Satu hal yang perlu diingat jika kamu makan di bar atau restoran yang ada alkoholnya, biasanya untuk proses memasaknya juga menggunakan alkohol.

Meningkatnya popularitas masakan vegan selama beberapa tahun terakhir ini telah mendorong peningkatan jumlah restoran yang menawarkan pilihan makanan vegan.

5. Hindari makanan olahan

Saat Sahabat bepergian ke luar negeri kalau bisa batasi mengonsumsi makanan olahan. Kamu mungkin ragu akan keamanan makanan olahan karena itu mencakup zat-zat yang tidak kamu kenal.

Seperti pepatah mengatakan, ” Ketika ragu, jangan lakukan itu” . Mengonsumsi makanan halal dan bukan olahan dapat membantu kamu juga untuk menjaga kesehatan.

6. Selalu cek logo halal

Buat kamu yang malas masak makanan sendiri di apartment dan tetap jajan di resto, jangan lupa untuk selalu melihat logo halal saat membeli makanan olahan di tempat kamu berlibur.

Baca Juga:  Muslimah, Gaya Hidup, dan Ketaatan Pada Aturan Allah

Satu-satunya cara untuk kamu ketahui bahwa mereka makanan itu halal dan bebas dari zat terlarang adalah dengan memiliki sertifikasi dan pengawasan independen.

Semoga cara-cara di atas dapat membantu kamu untuk memilih makanan halal saat bepergian jauh ataupun sulit untuk mencari mkanan yang sesuai. Meski pada akhirnya tergantung pada pilihan dan hati nurani kamu sendiri untuk memilih apakah kamu ingin mengonsumsinya atau tidak.