5 Judul Buku tentang Metode Penelitian Terbaik! Rekomendasi buat Referensi Skripsi

KABARINDAH.COM – Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), metode penelitian bisa diartikan sebagai cara untuk mencari kebenaran dan asas-asas mengenai gejala alam, masyarakat, atau kemanusiaan, berdasarkan disiplin ilmu yang bersangkutan.

Secara umum, metode penelitian lebih mudah diartikan sebagai langkah-langkah yang diambil oleh seorang penulis atau peneliti untuk mengumpulkan data atau informasi yang nantinya akan diolah dan dianalisis secara ilmiah.

Bagi para mahasiswa, kegiatan penelitian ini menjadi salah satu fase yang harus dilalui sebelum nantinya resmi dinyatakan lulus dari perguruan tinggi.

Sebagai bentuk pertanggung-jawaban dari kegiatan penelitian yang kamu lakukan, kamu akan diminta untuk menuliskannya ke dalam bentuk laporan skripsi atau disertasi.

Untuk memudahkan proses penelitian yang akan kamu jalani, kamu tentu membutuhkan banyak literatur buku mengenai metode penelitian.

Pada dasarnya, pemilihan metode penelitian bisa disesuaikan dengan kajian keilmuan yang akan kamu teliti, entah itu menggunakan metode penelitian kualitatif, kuantitatif, atau gabungan.

Meski sedikit berbeda dari cara penghitunganya, hampir semua metode penelitian ini memiliki prinsip dan ketentuan yang hampir sama, yakni untuk memperoleh hasil penelitian yang paling akurat.

Baca Juga:  Tingkatkan Mutu Pendidikan, UIN Bandung Gelar Benchmarking dan Teken MoU dengan Tiga Kampus Islam

Dilansir dari laman Kompas.com berikut ini adalah daftar rekomendasi buku mengenai metode penelitian, mulai dari yang paling dasar sampai ke metode yang sangat spesifik.

1. Metode Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS – Syofian Siregar.

Dalam buku ini, pembahasan akan lebih fokus pada materi pengukuran dalam penelitian kuantitatif, tahap-tahap dalam pembuatan kuesioner, cara menganalisis hasil kuesioner, dan masih banyak lagi.

Perlu dipahami bahwa kuesioner merupakan salah satu bagian yang penting dalam penelitian, sehingga kamu harus memikirkan segala aspeknya dengan sangat teliti untuk bisa memberikan hasil yang terbaik.

Selain itu, buku ini juga akan mengajarkan beberapa materi statistik untuk menghitung data hasil kuesioner, dengan menggunakan beberapa software bantuan, salah satunya adalah software SPSS.

2. Ragam Analisis Dalam Metode Penelitian Untuk Penulisan Skripsi – Prof. Dr. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si, dkk.

Memahami materi mengenai metode penelitian menjadi salah satu hal terpenting bagi kamu yang sedang menyambut semester akhir perkuliahan, dan akan mulai fokus mengerjakan skripsi.

Melalui buku ini, kamu akan belajar bagaimana caranya untuk mencari, mengumpulkan, dan mengolah berbagai macam data penelitian yang sesuai dengan tujuan penelitianmu.

Baca Juga:  Pengertian dan Manfaat Google Form untuk Pendidikan

Tidak hanya itu saja, kamu juga akan belajar bagaimana cara menggunakan berbagai macam software untuk alat bantu menghitung data hasil penelitian, seperti software PLS, SEM, SmartPLS, dan masih banyak lagi.

3. Metode Penelitian Jurnalisme – Dr. Rulli Nasrullah, M.Si.

Seiring dengan berkembangnya penelitian dalam kajian ilmu komunikasi, berbagai penafsiran dan kajian kritis mengenai jurnalisme juga menjadi semakin berkembang. Dalam penelitian jurnalisme, seorang peneliti biasanya menggunakan metode penelitian kualitatif.

Buku ini hadir sebagai panduan terbaik untuk para mahasiswa yang ingin mengerjakan penelitian kualitatif, terutama dalam bidang ilmu jurnalisme maupun ilmu komunikasi yang berhubungan langsung dengan dunia penyiaran, pertelevisian, periklanan, dan masih banyak lagi.

4. Metode Penelitian Dalam Implementasi Ragam Analisis – Umi Narimawati, Jonathan Sarwono, dkk.

Buku ini bisa menjadi salah satu buku panduan untuk melakukan analisis dalam penelitian kuantitatif, karena fokus pembahasan buku ini akan lebih banyak seputar prosedur dan cara-cara menganalisis data kuantitatif.

Selain itu, penulis juga akan memberikan berbagai pemahaman lain mengenai cara mengolah data yang sesuai dengan tujuan penelitian, serta bagaimana cara mengimplementasikan data hasil penghitungan ke dalam bentuk tulisan supaya lebih mudah untuk dimengerti banyak orang.

Baca Juga:  Memang Betul, Orang Baik Itu Sulit Dicari

5. Metode Penelitian Kualitatif & Mixed Method – Seto Mulyadi

Selain metode kuantitatif dan kualitatif, sebenarnya ada satu metode yang juga sering digunakan oleh para peneliti, yakni mixed method atau metode campuran.

Dengan menggunakan mixed method, kelemahan yang ada pada satu metode bisa ditutupi dengan metode yang lain, sehingga tujuan penelitian bisa lebih cepat tercapai.

Buku ini secara khusus dibuat untuk menjelaskan secara lengkap mengenai mixed method yang ternyata belum banyak dibicarakan dan digunakan di Indonesia.

Melalui buku ini, pengetahuanmu mengenai jenis metode penelitian akan semakin bertambah dan kamu bisa menggunakannya pada kegiatan penelitianmu sendiri.

Itu dia 5 rekomendasi buku mengenai metode penelitian yang bisa kamu jadikan sebagai panduan atau referensi untuk memahami berbagai jenis metode penelitian dengan cara yang lebih mudah dan cepat.