4 Judul Buku Ini Cocok untuk Memahami Parenting dengan Baik

KABARINDAH.COM – Menjadi seorang ibu merupakan sebuah fase perjalanan hidup yang mungkin telah dinanti-nantikan oleh sebagian perempuan.

Bagaimana seorang ibu merawat dan membesarkan buah hatinya akan memberikan dampak atau pengaruh yang signifikan terhadap tumbuh kembang sang anak.

Oleh karena itu, penting bagi para calon ibu atau ibu baru untuk membekali diri dengan ilmu parenting agar bisa membesarkan seorang anak yang baik dan cerdas.

Berikut adalah beberapa rekomendasi buku parenting yang wajib dibaca oleh ibu baru untuk mempersiapkan diri menjadi orang tua yang matang.

1. Mommyclopedia: 78 Resep MPASI – dr. Meta Hanindita, Sp.A

MPASI atau makanan pendamping asi merupakan hal penting untuk diperhatikan agar bisa memenuhi kebutuhan nutrisi dari bayi. Menurut dr. Meta sebagai penulis, banyak penelitian telah menunjukkan bahwa fase kritis terjadinya malnutrisi adalah ketika peralihan dari ASI ke MPASI.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua, terutama ibu, untuk memiliki edukasi yang tepat mengenai pemberian nutrisi optimal sesuai dengan perkembangan usia anak.

Buku ini membagikan panduan 78 resep MPASI yang disusun oleh dokter laktasi untuk menjadi referensi bagi para ibu di Indonesia. Resep-resep yang disajikan pun menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan memiliki harga yang terjangkau, namun tetap bisa memenuhi gizi si kecil. Beberapa resep yang diberikan di dalam buku di antaranya adalah bubur opor ayam, siomay ayam, makaroni keju, hingga resep camilan dan juga dessert untuk anak.

Baca Juga:  4 Jenis Investasi Ini Sedang Tren di Kalangan Anak Muda

Kamu pun bisa melengkapi koleksi buku dari Mommyclopedia yang lain, seperti Mommyclopedia: 456 Fakta tentang ASI dan Menyusui serta Mommyclopedia: Panduan Lengkap Merawat Batita.

2. Because This is My First Parenting Life: Pengasuhan dan Permainan Anak – Chai’s Play

Buku ini akan memberikan panduan lengkap bagi ibu baru mengenai cara merawat anak usia 0 – 24 bulan dan tips untuk bermain bersama dengan si kecil.

Berbagai pertanyaan terkait pengasuhan bayi, seperti bagaimana cara agar bayi bisa tidur nyenyak, tindakan yang perlu dilakukan untuk menghadapi bayi yang memilih-milih makanan atau sering kali anak mengalami tantrum, kamu akan menemukan semua jawabannya di sini.

Ditulis dengan bahasa yang sederhana serta dilengkapi ilustrasi berwarna, membuat buku ini jadi mudah dipahami dan bisa dinikmati sebagai pedoman bagi orangtua untuk belajar mengenai parenting.

Tidak hanya membahas mengenai pengasuhan bayi, namun buku ini juga mengulas terkait kesehatan mental ibu yang perlu diperhatikan, tetapi sering kali terlupakan. Setelah membaca buku ini, kamu pun bisa melanjutkan ke seri buku berikutnya, yaitu Because This is My Baby’s First Journey: Tumbuh Kembang dan Permainan Anak.

Di dalam buku yang satu ini, kamu sebagai ibu baru akan dipandu untuk bisa memahami tahap demi tahap tumbuh kembang anak di usia 0 – 24 bulan. Kamu juga akan mendapatkan lebih dari 150 tips stimulasi yang bisa kamu praktikkan kepada buah hati, seperti ide toilet training, sensory playing, dan lain-lain.

Baca Juga:  3 Manfaat Baca Buku Self Improvement untuk Kematangan Diri

3. Montessori Keajaiban Dunia Anak yang Terlupakan – Maria Montessori

Maria Montessori merupakan seorang pendidik, ilmuwan dan dokter berkebangsaan Italia yang melakukan pengamatan terhadap kehidupan anak-anak. Menurutnya, anak-anak merupakan sosok menakjubkan yang menyimpan rahasia kebutuhan tumbuh kembang yang sering kali tidak dipahami oleh orang dewasa.

Oleh karena itu, Maria Montessori ingin mengajak para orangtua untuk bisa lebih menghormati anak-anak dan jangan meremehkannya dengan memberi label sebagai anak yang nakal, tidak disiplin, lambat, dan lain-lain.

Maria kemudian mengembangkan sebuah metode pendidikan anak-anak dengan memberikan kebebasan bagi mereka untuk mengeksplorasi, yang kini dikenal sebagai metode Montessori. Metode yang saat ini telah diadopsi di seluruh belahan dunia ini akan membantu anak untuk bisa mencapai potensinya dalam kehidupan.

Di dalam buku ini dibagikan prinsip-prinsip terkait metode Montessori, seperti memupuk keingintahuan anak, mendorongnya untuk berani bereksplorasi, berkembang mandiri dengan cara unik yang dimiliki oleh masing-masing anak, serta mengutamakan pendekatan personal antara orangtua dan anak.

Baca Juga:  Ada Tiga Tugas Suci Seorang Guru

Kamu bisa memahami metode Montessori dengan lebih lengkap melalui buku ini dan bisa mengaplikasikannya dalam mendidik anak untuk membantunya meraih potensi optimalnya.

4. Seni Bernegosiasi dengan Anak – Minarti Yoga

Salah satu hal paling sulit dalam parenting adalah saat orang tua harus menghadapi si kecil yang sedang rewel dan mengalami tantrum tanpa meninggikan suara atau ikut tersulut emosi.

Meskipun orang tua memiliki maksud dan tujuan yang baik untuk anak, namun sayangnya jika tidak dilakukan dengan cara yang benar, kebaikan tersebut tidak dapat tersampaikan.

Oleh karena itu, penting bagi kamu sebagai ibu untuk mengetahui strategi yang tepat dalam mendisiplinkan anak dengan sentuhan yang ramah, agar mereka merasa dihargai.

Begitu si kecil mau diajak bicara, mendengarkan, dan memahami apa yang diinginkan oleh orang tua, tanpa perlu hentakan, ancaman atau menaikkan suara, mereka pun akan mengikuti instruksi yang kamu berikan.

Rangkaian tips yang dibagikan di dalam buku ini bisa mengedukasi kamu untuk menjadi orang tua yang lebih bijak dalam menghadapi si buah hati.