Pojok  

Belajar Hidup dari Buku B.J. Habibie Si Jenius

Oleh: Siti Halimah, SMKN 1 Cugenang.

Buku biografi yang berjudul “B.J. Habibie Si Jenius” adalah buku karya Johar T.H. Situmorang. Buku ini merupakan biografi yang diangkat dari kehidupan seorang presiden RI ketiga sekaligus dijuluki orang yang paling jenius di Indonesia. Beliau juga menjadi orang pertama berhasil menciptakan pesawat terbang serta mengharumkan nama bangsa.

Habibie terlahir dari keluarga terpandang dan keturunan ningrat, namun hal tersebut tidak membuat Habibie menjadi sombong, melainkan menjadi motivasi untuk mencapai cita-cita. Hobi membaca menjadi salah satu yang membuat Habibie mencapai cita-citanya, yakni menciptakan pesawat terbang.

Memasuki perkuliahan, Habibie ditinggal oleh seorang ayah untuk selamanya, dan ibunya menjadi tulang punggung keluarga hingga sempat mengalami kesulitan keuangan. Namun hal tersebut tidak mematahkan tekat awal Habibie. Dibekali dengan otak yang jenius, Habibie meneruskan kuliah di Jerman dan berhasil mendapat beasiswa.

Meskipun banyak rintangan yang diterima sewaktu di luar negeri, tidak ada satu hal pun yang berhasil mematahkan semangatnya. Hingga pada akhirnya, Habibie sukses. Habibie telah menjabat sebagai wakil presiden pada tahun 1998.

Pada Mei 1998, Habibi naik jabatan menjadi seorang presiden ketiga negara Indonesia. Tidak hanya sukses dalam bidang politik, Habibie mempunyai otak jenius yang membuatnya dikenal sebagai ahli penerbangan, karena keberhasilannya dalam menciptakan pesawat terbang.

Baca Juga:  Project Multatuli, Harapan Baru Jurnalisme Investigasi

Membaca ulang buku biografi Habibie ini sama halnya dengan membangkitkan semangat untuk terus berjuang. Buku ini berisi perjalanan hidup habibie, menggunakan bahasa yang mudah dipahami untuk semua kalangan.

Pemaparan sederhana tentang kehidupan yang dialami Habibie selama perjalanan hidupnya dari pendidikan, membuat saya tertarik untuk membaca isi dari buku ini.

Isi buku ini menggunakan bahasa yang mudah dimengerti sehingga tidak ada kesulitan dalam membaca kata demi kata. Ukuran huruf juga tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil, memudahkan pembaca untuk membaca lebih nyaman.

Buku ini, menceritakan kehidupan Habibie sewaktu beliau masih kecil, kehidupan keluarga besar Habibie yang selalu mengutamakan pendidikan, pendidikan Habibie mulai SD hingga ia berkuliah di Jerman, kesuksesan Habibie dalam menciptakan pesawat terbang, jabatannya sebagai presiden, dan tak lupa juga pengalaman cintanya dengan Ainun yang dapat menginspirasi sebagian besar orang.

Perjalanan cinta keduanya yang diangkat menjadi sebuah film, bukan hanya orang Indonesia saja yang terinspirasi, melainkan seluruh penjuru Negara.

Buku Habibie merupakan bahan bacaan untuk semua kalangan, juga berguna dalam memberikan informasi tentang kehidupan Habibie. Buku ini pun cocok untuk semua kalangan terpelajar yang ingin meningkatkan motivasi dalam menjalani kehidupan. Berikut adalah manfaat setelah membaca buku biografi tersebut.

1. Menyederhanakan Hikmah dari Setiap Bagian Hidup

Kebaikan dan risiko yang didapat dari setiap pilihan hidup. Kita bisa mengambil pelajaran yang berharga menghadapi pilihan yang sulit. Hikmah lain juga bisa di dapat dari keseharian tersrbut. Pada akhirnya, perjalanan hidup seorang tokoh tentu punya manfaat yang hikmahnya patut untuk diambil.

Baca Juga:  Anugerah, Motivasi Diri dan Baik-baik Aja

2. Menjalani Kehidupan Bisa Menjadi Lebih Percaya Diri

Dengan membaca biografi tentu bisa meningkatkan rasa percaya diri. Karena dari bacaan ini kita bisa mengambil ilmu dari tokoh. Misalnya, tanpa kita sadar kisah Habibie ini bisa menghipnotis kita untuk menjaalani hidup seperti beliau. Sebagai pembaca pun Anda akan sadar bagaimana setiap manusia punya cerita hidup yang berbeda.

Dengan membaca biografi seorang tokoh, maka kita ikut melihat kilas balik kisah hidupnya. Perjalanan hidup seorang tokoh tentu sangat menarik. Tidak hanya kesenangan saja yang dialaminya.

Namun, banyak diantaranya pengalaman pahit yang bisa membuat tokoh tersebut menjadi sukses sampai ia menjadi seorang sosok. Begitupun dengan Habibie yang melewati perjalan pahit terlebih dahulu sehingga bertemu dengan cita-citanya yaitu menciptakan pesawat terbang.

3. Menyadari dan Merasakan bahwa Usaha dan Kerja Keras akan Berbuah Manis

Tokoh appaun yang ada dalam buku biografi pasti memiliki usaha dan kerja keras, begitupun dengan buku biografi. Tak jarang, usaha yang dilakukannya seringkali gagal. Bahkan mencapai titik terendah dalam hidup tokoh tersebut. Dari kisahnya ia pun berusaha untuk bangkit dari keterpurukan. Inilah bukti bahwa usaha tak akan mengkhianati hasil.

Baca Juga:  Tips Mudah Buat Artikel Cepat

4. Menyadari dan Melihat bahwa Manusia Punya Kelebihan dan Kekurangan

Dalam satu kisah tokoh diceritakan kita bisa lihat bagaimana cara pandang terhadap kehidupan. Bagaimana cara ia untuk melewati masalah, juga cara ia menghadapi orang lain. Inilah yang menunjukkan bahwa ia punya kelebihan dan kekurangan. Setiap orang pasti memiliki masalah, dengan mempelajari kehidupan tokoh kita bisa sadar bahwa ia tak sempurna.

Kisah Habibie mengajarkan kepada kira agar selalu berusaha untuk mencapai cita-cita; agar tidak pantang menyerah, hingga seperti Habibie berhasil membuat pesawat terbang. Demikian juga kita yang seharusnya tidak pantang menyerah dalam mencapai cita-cita. Jika sudah berusaha, maka tidak ada yang mustahil bagi Tuhan.

Setiap buku biografi tokoh yang dibaca, tentu memiliki pembelajaran yang berbeda-beda untuk diambil. Buku biografi Habibie ini kaya akan makna kehidupan bagi pembacanya, pun bacaan untuk semua kalangan.

Buku biografi ini, memberikan informasi tentang perjuangan hidup Habibie, pun cocok untuk semua kalangan terpelajar yang ingin meningkatkan motivasi dalam belajar dan mencapai cita-cita.

REFERENSI BACAAN
Situmorang, Jonar T.H. 2017. B. J. Habibie Si Jenius. Yogyakarta: IRCiSoD.