Resep dan Cara Membuat Pisang Goreng Sambal Terasi Khas Sulawesi

  • Bagikan

KABARINDAH.com – Sulawesi terkenal dengan tempat wisata yang sangat memanjakan mata, mulai dari Pantai Losari, Danau Linow, Tana Toraja, Serubu pohon pinus, dan masih banyak lagi.

Selain keindahan alam, Sulawesi juga mempuyai makanan khas seperti daerah-daerah lainya. Makanan Khas Sulawesi, di antaranya milu siram, onyop, sambal ikan roa, nasi jagung, lalampa, kacang goyang, pisang goreng sambal terasi, dan lain sebagainya.

Nah, di antara makanan khas Sulawesi itu, yang akan kita bahas kali ini yaitu pisang goreng sambal terasi. Makanan satu ini jarang ditemui di Bandung. Ya, wajar saja, karena di mata orang Sunda kemungkinan terlihat aneh.

Pisang goreng, di tanah Sunda, biasa ditaburi susu, cokelat, kacang, dan keju. Tetapi di Sulawesi malah dengan sambal terasi. Meskipun tak lazim bagi wargi Jawa Barat, di sulawesi Makanan ini sudah populer sejak lama dan disajikan pada hari-hari besar Nasional maupun saat santai week end.

Berikut resepnya:

1. Siapkan 8-10 buah pisang Lowe (lokapau) mengkal/pisang tanduk

Bumbu sambal terasi:

2. 3-5 bawang merah
3. 3-5 bawang putih
4. 10-20 cabai rawit atau secukupnya
5. 1/2 terasi, bakar
6. 3-5 tomat ukuran sedang
7. Gula&garam secukupnya

Cara membuatnya:

Pertama, pisang dikupas lalu dipotong-potong pipih sehingga menjadi lebar. Kemudian dicelupkan kedalam adonan tepung terigu yang sudah dicampurkan air.

Kemudian pisang digoreng menggunakan minyak yang sudah dipanaskan.

Yang harus kamu ketahui bahwa Pisang Lowe (lokapau) berbeda dengan pisang tanduk (yang juga sering digunakan untuk pisang goreng).

Kalau pisang tanduk bisa digoreng atau dinikmati ketika buahnya sudah terlebih dahulu matang, pisang Lowe (lokapau) justru lebih nikmat dipanen sebelum matang kemudian digoreng agar lebih renyah.

Pisang Lowe (Lokapau) tidak baik digoreng saat sudah matang, karena selain mengurangi kerenyahannya.

Pisang ini juga akan terasa asam dan dapat meningkatkan asam lambung, bagi orang-orang penderita maag.

Meskipun kedua pisang memiliki jenis yang berbeda, tetapi kedua pisang tersebut memiliki tingkat kerenyahan yang hampir sama bila disantap dengan sambal terasi.

Pisang goreng sambal terasi bisa dibuat di rumah. Ini cocok banget buat kamu untuk dinikmati saat ngumpul-ngumpul dengan teman, sembari mengerjakan tugas, atau mabar bersama. [Abdillah Fikri]

  • Bagikan