Ibrah  

Inilah Khasiat dan Keutamaan Membaca Ayat Kursi

KABARINDAH.COM – Membaca ayat kursi memiliki banyak keutamaan dan manfaat. Apalagi jika dibaca dengan rutin. Ayat kursi merupakan ayat ke-255 dari surat Al-Baqarah. Selain sebagai doa yang ampuh untuk melindungi diri dari gangguan setan, ayat kursi juga memiliki manfaat lainnya.

Ayat tersebut menempati kedudukan yang agung dan tinggi, hal ini disebabkan dalam bacaan ayat kursi terkandung zikir-zikir yang mulia serta pengetahuan tentang keesaan Allah dan sifat-sifatnya.

Sebelum membahas lebih lanjut keutamaan dan manfaat dari bacaan ayat kursi, ada baiknya kita mengetahui bunyi dari ayat itu sendiri.

Bacaan Arab, Latin dan Arti Ayat Kursi

اَللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّا هُوَۚ اَلْحَيُّ الْقَيُّوْمُ ەۚ لَا تَأْخُذُهٗ سِنَةٌ وَّلَا نَوْمٌۗ لَهٗ مَا فِى السَّمٰوٰتِ وَمَا فِى الْاَرْضِۗ مَنْ ذَا الَّذِيْ يَشْفَعُ عِنْدَهٗٓ اِلَّا بِاِذْنِهٖۗ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ اَيْدِيْهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْۚ وَلَا يُحِيْطُوْنَ بِشَيْءٍ مِّنْ عِلْمِهٖٓ اِلَّا بِمَا شَاۤءَۚ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضَۚ وَلَا يَـُٔوْدُهٗ حِفْظُهُمَاۚ وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيْمُ

 

Latin: Allaahu Laailaaha illa huwal hayyul qayyuum. Laa ta’khudzuhu sinatuw walaa nauum. Lahuu maa fissamaawaati wamaa fil ardhi. Mangdzalladzii yasyfa’u ‘indahuu illai bi idznih. Ya’lamu maa baina aiydiihim wamaa kholfahum walaa yukhiithuuna bisyayin min ‘ilmihii illaa bimaa syaaa a. wasi’a kursiyyuhus samaawaati wal ardho. Walaa yauduhuu khifdhuhumaa wa huwal’aliyyul ‘adhiim.

Artinya: “Allah, tidak ada Tuhan melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus-menerus mengurus (makhluk-Nya), tidak mengantuk, dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada seorang pun yang dapat memberi syafaat di sisi Allah melainkan dengan seizin-Nya. Allah mengetahui semua apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.”

Khasiat Membaca Ayat Kursi

Menurut KH. Musyaffa’ Ali dalam buku Amalan-Amalan Ringan yang Dirindukan Surga karya Ahmad Zacky El-Syafa, ayat kursi memiliki beberapa khasiat di antaranya yaitu:

Baca Juga:  Saat Sendirian, Ingatlah Allah Yang Mahadekat

1. Ayat kursi memiliki khasiat untuk mengubah kelakuan buruk. Bacalah ayat kursi sebanyak 17 kali, 50 kali atau 170 sehari, niscaya kita dapat merubah kelakuan buruk kita.

2. Bacaan ayat kursi dapat menjaga rumah seseorang serta rumah tetangganya. Ali bin Abu Thalib pernah mendengar Rasulullah bersabda, “Siapa saja yang membaca ayat kursi ketika hendak tidur, Allah akan mengamankan rumahnya, rumah tetangganya, dan rumah-rumah terdekat yang ada di sekitarnya.” (HR. Al-Baihaqi).

3. Ayat kursi dapat menambah keberkahan dan rezeki jika rajin dibaca.

Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Mengutip dari buku Fadhilah dan Tafsir Ayat Kursi yang disusun oleh Dr. Fadhl Ilahi, terdapat 5 keutamaan dari ayat kursi, yaitu:

Baca Juga:  Jalaluddin Rumi, Cinta Transedental dan Kerinduan Mistikal

1. Ayat yang paling agung dalam Al-Qur’an. Sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dari Ubay bin Ka’b, ia berkata, “Rasulullah bertanya kepadanya, “Wahai Abul Mundzir (Ubay bin Ka’b), tahukah engkau apakah ayat dari kitab Allah yang paling agung menurutmu?”

Beliau menjawab, “Allahu la ilaha illa huwal-hayyul-qayyum.” Maksudnya adalah ayat kursi. Selain itu, Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyah juga mengatakan bahwa kedudukan ayat kursi merupakan yang paling agung di dalam Al-Qur’an.

2. Dalam ayat kursi, terdapat Asmaul Husna. Nama-nama Allah yang agung disebutkan dalam berbagai ayat Al-Qur’an salah satunya pada ayat Kursi.

Al-Imam Ahmad meriwayatkan dari Asma’ binti Yazid, Rasulullah SAW bersabda: “Di dalam dua ayat ini, ‘Allahu la ilaha illa huwal hayyul-qayyum’, dan ‘Alif lam mim. Allahu la ilaha illa huwal-hayyul-qayyum’, terdapat asma Allah yang agung.” Maksudnya, yang pertama yaitu ayat kursi dan yang kedua adalah potongan ayat dari surat Ali Imran.

Baca Juga:  Rekomendasi Musyawarah Kerja Nasional ke-1 Majelis Ulama Indonesia 2021

3. Bacaan ayat kursi akan membuat kita terlindung dari godaan setan. Orang yang membaca ayat Kursi diberikan penjagaan oleh Allah SWT agar tidak didekati setan pada pagi hari, apalagi ketika ayat tersebut dibaca saat malam sebelum tidur.

4. Membaca ayat kursi setelah sholat wajib akan diberi perlindungan hingga sholat berikutnya. At-Thabrani meriwayatkan dari Al-Hasan bin Ali, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca ayat kursi seusai sholat wajib, maka dia berada dalam perlindungan Allah hingga sholat berikutnya lagi.”

5. Tidak ada pembatas antara orang yang membaca ayat kursi usai sholat wajib dan surga, kecuali kematian. Dengan demikian, membaca ayat kursi usai sholat wajib akan memperoleh surga.

An-Nasa’i, Ibnu Hibban dan At-Thabrani meriwayatkan dari Abu Umamah, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa membaca ayat Kursi setelah setiap solat wajib, tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian.”