Rein Vidya Banafsha, Lulusan Kedokteran Unpad Berusia 19 Tahun

KABARINDAH.COM – Rein Vidya Banafsha namanya, wisudawan termuda yang lulus dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (Unpad). Rein menjadi wisudawan termuda di usia 19 tahun 4 bulan.

Predikat tersebut ia dapatkan pada Upacara Wisuda Gelombang 3 Tahun Akademik 2021/2022, Selasa (7/6/2022). Sebelumnya saat masih menjadi mahasiswa baru, Rein juga disebut sebagai mahasiswa termuda di Unpad. Saat itu, usianya masih 15 tahun.

Dikutip dari laman resmi Unpad, Rein resmi menjadi mahasiswa Unpad pada 2018 silam melalui jalur SBMPTN. Ia berhasil lulus pada Februari 2022 lalu dengan waktu 3,5 tahun.

Sejak Rein duduk di bangku SMP, ia telah mengikuti kelas akselerasi atau percepatan di SMPN 5 Tasikmalaya dan berhasil lulus dalam kurun waktu 2 tahun. Lalu, ia masuk ke SMAN 1 Tasikmalaya, kembali mengikuti kelas akselerasi dan lulus dalam 2 tahun.

Baca Juga:  Pandemi dan Ketahanan Keluarga

“Lumayan susah belajar di FK, kalau dinikmati prosesnya akan bisa melewati itu semua,” ungkapnya.

Pada awalnya, Rein merasa ragu dan memiliki mindset kalau berkuliah di Kedokteran pasti berat. Namun pada akhirnya, ia berhasil melewati semua rintangan dan menikmati tiap detik masa-masa perkuliahannya.

Rein juga menjelaskan terkait kondisi pembelajaran selama masa pandemi Covid-19 yang cukup berpengaruh. Menurutnya, terdapat perbedaan yang signifikan antara kuliah tatap muka dengan daring, terlebih saat praktikum.

“Karena praktik online, jadi kurang mengerti. Lebih menempel kalau offline,” ujar Rein.

Lebih lanjut, Rein memaparkan tentang tantangan-tantangan lainnya yang harus ia jalani saat pembelajaran daring. Ia mengatakan, pembelajaran daring membuatnya harus pintar-pintar mengatur waktu saat mengerjakan tugas di rumah.

Baca Juga:  Jadilah Mahasiswa Luar Biasa UIN Bandung yang Miliki Tiga Kemampuan Dasar

Kendati demikian, banyaknya tantangan tidak membuat Rein patah semangat. Ia bahkan berhasil lulus lebih cepat dan menjadi wisudawan termuda di Unpad.

Setelah ini, Rein akan melanjutkan Pendidikan Profesi Kedokteran untuk meraih gelar dokternya. Ia sudah mantap memilih pendidikan Spesialis.

Nah, itulah kisah wisudawan termuda di Fakultas Kedokteran Unpad yang berhasil lulus di usianya yang masih menginjak 19 tahun. Semoga, cerita Rein Vidya Banafsha dapat menginspirasi, ya!