Kabar  

IMM Bantim – IMM Sumedang Sukses Gelar Historical Talkshow, Hadirkan Sejarawan Ahmad Mansur Suryanegara

KABARINDAH.COM, Jatinangor — Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Bandung Timur (PC IMM Bantim) bersama PC IMM Sumedang sukses mengadakan seminar sejarah bertajuk “Historical Talkshow: Catatan Si Maroon di Tanah Priangan” pada Minggu (11/09/2022).

Kegiatan diadakan di Gedung Pusat Studi Bahasa Jepang (PSBJ) UNPAD mulai pukul 08.00 WIB dengan dihadiri oleh para kader IMM dari berbagai cabang.

Menariknya, seminar sejarah kali ini menjadi istimewa karena turut menghadirkan pendiri IMM Jawa Barat yang juga merupakan tokoh ternama dalam dunia penulisan sejarah Indonesia yakni Ahmad Mansur Suryanegara.

Dalam pelaksanaan seminar sejarah tersebut, sang penulis buku “Api Sejarah” itu menjelaskan banyak perihal awal kemunculan IMM di Jawa Barat. Mulai dari bagaimana proses terbentuknya IMM di Jawa Barat, tantangan, hingga kiprah IMM Jabar pada awal berdiri.

Baca Juga:  Berbagi Kebahagiaan, Mahasiswa Pendidikan Agama Islam UM Bandung Akan Gelar Kurban Sapi dan Kambing di Cipancar

Ketua PC IMM Sumedang Ridwan Marwansyah mengatakan bahwa tujuan dari diadakannya seminar ini adalah untuk menyadarkan kembali para kader IMM tentang pentingnya memahami sejarah terbentuknya IMM, terutama IMM Jawa Barat.

“Fenomena hari ini kebanyakan kader IMM sibuk dengan politik, kebangsaan, sampai lupa akan sejarah yang terkubur dalam merahnya almamater. Kader IMM lebih bangga bertemu dengan tokoh politik ketimbang tokoh pendirinya. Hal tersebut harus diluruskan,” ujar Ridwan Marwansyah.

“Semoga melalui talkshow ini dapat menjadi pengingat untuk kita semua kader IMM seluruh Indonesia akan pentingnya historis IMM,” tambahnya.

Ketua Umum DPD IMM Jawa Barat Faisal Amien Prawira yang turut hadir dalam kegiatan menyambut baik terselenggaranya seminar kali ini.

Baca Juga:  Wahyudin Darmalaksana: Ini Baru Namanya Kultur Mahasiswa

Dirinya berharap para kader yang hadir dapat memperoleh inspirasi setelah menerima wawasan langsung dari Ahmad Mansur Suryanegara.

“Tentunya ini akan menjadi wawasan baru untuk kita sebagai kader-kader Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah yang ada di Jawa Barat. Semoga ini bisa menjadi inspirasi untuk kita yang angkatan muda ini supaya bisa lebih baik lagi dalam mengamalkan dakwah-dakwah yang ada di persyarikatan Muhammadiyah, khususnya di lingkungan kampus,” imbuhnya.

Sementara itu, Ahmad Mansyur Suryanegara selaku narasumber mengaku sangat bersyukur atas terselenggaranya kegiatan ini.

Ia mengatakan bahwasanya seminar ini merupakan momentum para kader untuk semakin meneguhkan kesadaran dan semangat dalam berkiprah di IMM.

“Ini merupakan kegiatan yang mempunyai makna kesadaran berjamaah dan kesadaran untuk membangkitkan kejayaan agama, bangsa, dan negara, terutama agama,” ucapnya pada TvMu Bandung.***(Dzaki/Aqbil WAK)