Ibrah  

Agar Hatimu Tentram, Bacalah Surah As-Sajdah, Kemudian Baca Doa Ini

KABARINDAH.com – Apabila kita mengingingkan hati kita senantiasa tentram, perbanyaklah membaca Al-Quran. Hanya dengan membaca Al-Quran, dan dengan mengakrabi–mengintimi Al-Quran-lah yang akan sanggup membuat hati kita seketika menjadi tenang, menjadi lebih syahdu, dan membuat hati kita melunak.

Tentunya dengan syarat tidak asal baca—dibaca begitu saja, tanpa berusaha untuk meresapi kandungan makna yang termaktub di dalam setiap ayat-ayatnya.

Dengan begitu, jika ingin membuktikan sendiri kebenaran dari pernyataan tersebut. Maka silakan cari satu atau dua surah, yang menurut Anda memang mudah dimengerti kandungan maknanya. Pilihlah satu dari 114 surah yang ada di alam Al-Quran itu. Dan salah satu surah yang mempunyai keutamaan sangat besar tentu saja surah As-Sajdah.

Baca Juga:  Saat Anda Mendengar atau Melihat Musibah, Dianjurkan Berdoa Sesuai Ajaran Rasulullah

Syukur jika kita tidak hanya berhenti pada membaca. Penting sekali lagi, kita upayakan untuk kemudian sebisa, sekuat, sekonsisten mungkin menjaganya, agar mampu untuk meresapi pula kandungan maknanya. Baik makna tersirat maupun yang tersurat dari surah ini.

Silakan tadaburi setiap untaian ayat yang terdapat dalam surah ini, sehingga dengan kebiasaan kita rutin membaca, meresapi makna, sekaligus mentadaburinya. Niscaya akan beroleh ketenangan yang luar biasa. Plus ketentraman hakiki yang memang menjadi tujuan dari mengapa kita sampai perlu untuk membacanya.

Sekali lagi, dengan rutin—terbiasa membacanya. Hal itu adalah kepastian yang tidak akan menyelesihi orang yang mengamalkanya.  Tiada cara, tiada jalan lain, dan tiada tips paling ampuh selain membaca surah ini. Adanya garansi–jaminan yang akan Allah Swt berikan bagi siapa saja hamba-Nya yang selalu mengingat-Nya, dengan membaca ayat, surah, dan Al-Quran secara sungguh-sungguh.

Baca Juga:  Susah Mendapatkan Momongan? Inilah Doa Nabi Zakaria Agar Diberikan Keturunan

Nah, dari surah As-Sajdah inilah yang nantinya, yang akan sanggup memberikan garansi ketenteraman hati–batin kepada kita pembacanya. Bahkan dari kebiasaan kita yang kerapkali membaca surah ini pula. Nanti ketika di akhirat, surah As-Sajdah akan memberikan pertolongan kepada kita. Ia akan menjadi wasilah syafaat yang insyaallah, akan Allah berikan kepada kita.

Mari kita baca doa berikut sebelum membaca Al-Quran untuk memohon khasiat kebaikan dari pembacaan kita terhadap surah As-Sajdah.

“Allahummaghfirlii bil qur’aani. Allahummarhamnii bil qur’aani. Allahummahdinii bil qur’aani. Allahummarzuqnii bil qur’aani.”

Artinya: “Ya Allah ampunilah aku dengan Al-Qur’an. Ya Allah kasihilah aku dengan Al-Qur’an. Ya Allah berilah petunjuk kepadaku dengan Al-Qur’an. Ya Allah berilah rezeki kepadaku dengan Al-Qur’an.” (HR. Ibn Abi Syaibah).

Baca Juga:  Kisah Menyentuh Hati: Sahabatan Karena Allah

Kemudian, bacalah doa berikut agar mendapatkan ketentraman hati di dunia dan akhirat:

“Allaahumma aslih lii diinii allazii huwa ‘ismatu amrii wa aslih lii dunyaaya allatii fiihaa ma’aasyii, wa aslih li aakhiratii allatii fiihaa ma’aadii. Waj’alil hayaata ziyaadatan lii fii kulli khairin, waj’alil muta raahatan lii min kulli syarrin.”

Artinya: “Ya Allah, perbaikilah agamaku yang menjadi pusat urusanku, perbaikilah duniaku yang menjadi tempat kembaliku. Jadikanlah kehidupan ini sebagai tambahan bagiku dalam setiap kebaikan, dan jadikanlah kematian sebagai peristirahatanku dari setiap keburukan.” (HR. Muslim).