Upaya The Pabukon Kenalkan Sejarah Sukabumi

  • Bagikan

KABARINDAH.COMThe Pabukon terus berupaya untuk mengenalkan sejarah tentang Kota Sukabumi kepada warga. Salah satu caranya dengan menggelar kegiatan jelajah sejarah Sukabumi, Selasa (29/6).

Pengenalan sejarah Sukabumi ini misalnya dilakukan kepada pelajar Paket B dan Paket C di Kota Sukabumi. Hal tersebut merupakan hasil kerjasama antara Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pemuda Pelopor dan the Pabukon.

” Kami mendampingi kegiatan belajar lapangan untuk mata pelajaran Sejarah Paket B (SMP) dan C (SMA),” ujar Founder The Pabukon Lisan Shidqi Zulfahmi, Rabu (30/6). Hal misalnya mengunjungi kawasan bersejarah seperti Alun-Alun Sukabumi dan Masjid Agung Sukabumi.

Di tempat tersebut The Pabukon menerangkan mengenai bangunan heritage yang ada di Kota Sukabumi dan sejarah Sukabumi tempo dulu. Peserta jelajah sejarah Sukabumi ini sebanyak 12 orang peserta didik campuran yakni kelas 7 dan 8 Paket B (SMP), dan kelas 10 dan 11 Paket C (SMA).

” Kegiatan ini sebagai bagian dari social responsibility program The Pabukon yaitu Our Heritage Trails,” tambah Shidqi. The Pabukon mempersilahkan instandi atau organisasi yang bergerk di bidang kemasyarakatan dan pendidikan untuk bekerjasama dalam hal pemanduan wisata, khususnya sejarah Sukabumi.

Shidqi mengungkapkan, layanan yang diberikan berupa pramuwisata (tour guide) dan tour kit. Diantaranya seperti flyer atau selebaran informasi ringkas dan alat peraga berupa foto-foto tempo dulu dalam bentuk cetak.

Intinya the Pabukon berharap warga Sukabumi mengenal sejarah tentang kotanya. Sehingga dapat lebih mencintai kota dan ikut melestarikan peninggalan sejarah yang ada di Sukabumi.

  • Bagikan