Silakan Cek Link Pengumuman SBMPTN 2022 Ini. Kamu Bisa Lihat Hasilnya!

KABARINDAH.COM – Hasil UTBK SBMPTN 2022 akan diumumkan pada 23 Juni 2022 pukul 15.00 WIB. Peserta bisa melihat hasilnya melalui portal LTMPT di https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id.

Pengumuman juga bisa diakses lewat link mirror perguruan tinggi. Misalnya https://sbmptn.unsyiah.ac.id/ milik Universitas Syiah Kuala dan https://sbmptn.undip.ac.id/ milik Universitas Diponegoro.

Cara Lihat Pengumuman SBMPTN 2022

1. Klik https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id maupun link mirror universitas yang nanti akan diumumkan oleh LTMPT
2. Ketik nomor peserta
3. Masukkan tanggal lahir
4. Klik Lihat Hasil
5. Masuk ke pilihan cetak sertifikat UTBK
6. Tekan Unduh (download) sertifikat UTBK.
7. Masa unduh sertifikat UTBK SBMPTN 2022 adalah 25 Juni-31 Juli 2022.

Baca Juga:  Inilah Yang Menyebabkan Masyarakat Berperilaku Buruk

Bagi siswa yang belum lulus masuk perguruan tinggi idaman melalui jalur ini, kalian juga bisa mengikuti jalur mandiri yang seleksinya menggunakan nilai UTBK.

Beberapa kampus yang menawarkan jalur mandiri dengan menggunakan nilai UTBK misalnya IPB University, Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Di samping itu, pada Senin (20/6/2022) LTMPT juga telah mengeluarkan klarifikasi yang meyakinkan bahwa tidak ada kebocoran soal UTBK, baik gelombang I maupun 2. Menurut pihak mereka, ini dikarenakan soal dibuat secara berbeda untuk setiap sesinya.

Belakangan media sosial diramaikan dengan unggahan foto soal UTBK 2022. Menurut Ketua LTMPT Mochamad Ashari, unggahan tersebut diduga berkaitan dengan upaya oknum-oknum yang ingin melakukan kecurangan.

Baca Juga:  Alhamdulillah, Hima Akuntansi UM Bandung dan MTUQ Serahkan Al Quran kepada Peserta OWOJ

Namun, Ashari menegaskan bahwa usaha-usaha tercela para oknum tersebut tidak mempengaruhi penilaian. Skor UTBK 2022 tetap diberikan dengan jujur dan objektif sesuai kemampuan peserta tes.

“LTMPT menegaskan, upaya curang dimaksud tidak berpengaruh terhadap keakuratan penilaian hasil UTBK sebagai bahan seleksi jalur SBMPTN 2022,” ucapnya dalam klarifikasi tertulis.

Semoga kalian mendapatkan kabar baik dalam pengumuman SBMPTN 2022 ya!