Ini Penjelasan tentang Arti Gimmick pada Program Televisi

KABARINDAH.COM – Belakangan ini muncul istilah yang sering disebut-sebut dan sudah tidak lagi asing di telinga. Gimmick adalah istilah yang dapat dikaitkan dengan konteks apapun, salah satunya seperti di program televisi.

Apabila dikaitkan dengan program televisi, gimmick berarti adegan kreatif yang diciptakan guna menarik perhatian audiens apabila tayangan pada program tersebut sudah terlihat membosankan.

Adegan kreatif tersebut dibuat dan dirancang sedemikian rupa untuk menarik perhatian dan menghilangkan rasa bosan ketika sedang menyaksikan suatu program televisi.

Tidak hanya itu, gimmick juga bertujuan untuk membangkitkan antusiasme para penonton. Upaya ini dilakukan agar penonton tidak mengambil remote televisi dan kemudian mengganti saluran televisi mereka.

Baca Juga:  5 Kebiasaan Hidup yang Merusak Kesehatan Otak. Semuanya Wajib Dihindari!

Gimmick juga diciptakan untuk membangkitkan emosi para penonton, seperti guyonan yang dapat menghadirkan gelak tawa, atau konflik yang dapat membangun rasa kesal.

Dengan adanya gimmick pada program televisi, para penonton biasanya akan merasa tertarik dengan adegan selanjutnya, sehingga mereka akan tetap menyaksikan acara tersebut.

Trik-trik kreatif tersebut dapat berupa sound effect, pergerakan kamera, akting para pemain, dan masih banyak lagi.

Dalam kamus Inggris – Indonesia oleh John M. Echols dan Hassan Shadily, tertulis bahwa gimmick memiliki arti (1) alat; (2) tipu muslihat. Namun dalam hal ini gimmick tidak dapat dikatakan sebagai tipuan, gimmick merupakan salah satu bagian penting dalam program yang diselipkan di tengah-tengah acara televisi.

Baca Juga:  Cintanya Kaesang Pangarep Kandas, Ini Lho 10 Bisnis yang Dimilikinya

Adanya selipan adegan tersebut diharapkan dapat menjaga agar audiens tetap tertarik pada program yang ditayangkan. Beberapa program televisi yang biasanya menggunakan gimmick adalah variety show, talk show, quiz dan games.

Umumnya, gimmick dalam diselipkan saat acara baru mulai, saat bridging antara segmen menuju commercial break, dan saat acara akan selesai. Waktu-waktu tersebut merupakan waktu yang pas untuk menghadirkan gimmick agar penonton tetap menyaksikan program tersebut.