Halal  

Namanya Unik dan Menggelitik!, Inilah 7 Jajanan Khas Jawa Barat

KABARINDAH.COM – Jajanan makanan berikut boleh dibilang punya nama atau sebutan unik. Di beberapa daerah di Nusantara mungkin ada kemiripan rupa dan rasa meski namanya berbeda.

1. Awug

Kudapan tradisional ini umumnya masih dibuat dengan menggunakan perlengkapan tradisional, yaitu sééng dan aseupan. Kedua perabot dapur tersebut digunakan untuk mengukus awug dan aseupanlah yang membentuk kerucut seperti tumpeng.

Makanan lezat ini terbuat dari tepung beras dan dicampur dengan air, garam, gula merah, dan kelapa parut.

2. Kolontong

Kudapan bercita rasa manis renyah ini dapat ditemukan di banyak daerah di Jawa Barat. Biasanya, kudapan ini disantap bersama sebagai teman minum teh hangat, bahkan kopi.

Baca Juga:  Ajak Tokoh Bangsa Jadi Duta BAZNAS, Menteri Agraria Dukung Gerakan Cinta Zakat

Hari Lebaran adalah salah satu momentum kolontong hadir di rumah-rumah sebagai makanan khas. Di tempat oleh-oleh kolontong banyak dijumpai dengan harga relatif terjangkau.

3. Burayot

Ini dia salah satu kudapan khas dari Garut. Namanya aneh, bentuknya juga aneh, bukan? Meski terdengar asing, tetapi sebetulnya penganan tradisional ini terbuat dari bahan dasar yang lumrah dan sederhana, yaitu tepung beras dan gula aren.

Penamaan burayot muncul setelah kudapan ini diproses dalam penggorengan. Bahan kue yang tenggelam dalam minyak goreng kemudian diangkat dengan cara yang unik, yaitu ditusuk menggunakan bilah bambu.

4. Ongol-Ongol

Ini adalah salah satu makanan ringan tradisional khas Jawa Barat dari tepung sagu aren kering sebagai bahan utamanya. Lantas, dari mana asal nama kudapan ini?

Baca Juga:  Tips Cerdas Memilih Minyak Goreng Berkualitas

Konon, mungkin juga perlu penelitian lebih jauh, ongol-ongol diadopsi dari salah satu makanan atau jajanan orang-orang Mongol. Memang, ada kemiripan penyebutan kedua nama ini.

5. Jalabria

Camilan lezat ini datang dari Majalengka meskipun di daerah lainnya di Jawa Barat bisa ditemukan dengan mudah. Ada juga yang menyebutnya jalabiya atau jalabia.

Kudapan bercita rasa manis ini berbentuk seperti donat dengan bolong bagian tengahnya. Seluruh permukaan jalabria dilumuri gula yang dibiarkan mengering.

6. Jalakotek

Namanya memang unik, tetapi bentuk dan rasanya boleh jadi sudah tidak asing di lidah para pencinta kuliner. Jalakotek yang bentuknya mirip pastel dan cireng ini terbuat dari bahan dasar campuran tepung terigu dan tepung tapioka.

Baca Juga:  3 Sajian Ikan Patin Lezat yang Wajib Anda Cicipi, Ini Resepnya

Biasanya jalakotek yang sudah digoreng diberi taburan bumbu tambahan dan sambal.

7. Dorokdok

Tak usah khawatir kalau tidak suka yang manis-manis. Jika melancong ke Garut, Anda bisa memburu kuliner jajanan unik yang renyah kriuk-kriuk, antara lain dorokdok yang bercita rasa gurih dan renyah.

Dorokdok yang terbuat dari kulit sapi ini umumnya diproduksi sebagai industri rumahan sehingga melahirkan banyak merek dan macam-macam kemasan.