Kalau Kamu ke Sukabumi, Jangan Lupa Cicipi 3 Kuliner Legendaris Ini

  • Bagikan

KABARINDAH.com – Terletak di wilayah Jawa Barat, Sukabumi memiliki pesona alam menakjubkan. Ketika hari libur tiba dan memilih mudik ke Sukabumi, tentunya dengan prokes yang ketat di masa pandemi, tidak ada salahnya mencicipi berbagai kuliner lezat di kabupaten tatar Pasundan ini.

Ada banyak kuliner yang dapat dicicipi ketika singgah di Sukabumi. Kabupaten Sukabumi telah menyiapkan beberapa kuliner khas yang bisa kamu cicipi dengan penuh semangat. Ragam sajian kuliner tersebut dijamin akan membuat kamu betah berlama-lama di Sukabumi.

Lantas, apa saja kuliner tersebut? Berikut ulasannya.

1. Bandros Atta

Ini adalah kuliner yang melegenda alias kue tradisional yang sudah terkenal dari zaman dulu. Bahan baku bandros terdiri dari kelapa muda yang diparut kasar, tepung beras, santan kental, dan garam. Kemudian dimasak dalam cetakan khusus.

Di beberapa daerah, kue bandros kadang disebut kue pukis atau kue pancong. Ketika di Sukabumi, Anda wajib mencicipi bandros atta. Mbah Atta sudah menjual bandros sejak 1973.

Bandros atta terletak di pinggir Jalan Gudang.

2. Mochi Kaswari Lampion

Kue mochi menjadi buah tangan yang wajib dibawa pulang jika berkunjung ke Sukabumi. Tekstur dan rasa mochi memang khas sehingga membuat kue ini disukai banyak orang sebagai camilan. Mochi kaswari atau sering disebut mochi lampion, seperti kue mochi Sukabumi pada umumnya.

Terbuat dari tepung ketan, gula pasir, tepung gula, kanji dan kacang tanah. Perpaduan komposisinya membuat kue ini terasa lezat, lembut, kenyal, dan agak lengket di akhir kunyahan.

Toko mochi ini terletak di Gang Kaswari, Jalan0 Bhayangkara, Kota Sukabumi. Bubur Ayam Bunut Siliwangi Bubur ayam ini sudah lama terkenal di Jalan Siliwangi, Sukabumi.

3. Bubur ayam bunut Siliwangi

Bubur ini disajikan menggunakan bubur dengan kekentalan yang pas dan menggunakan toping suwiran daging ayam, krupuk, emping, usus, telur muda, ati, dan ampela. Bubur ayam siliwangi ini menggunakan resep bumbu bubur ayam spesial.

  • Bagikan