Kabar  

Satgas SDA & Satpol PP Bergabung Bersihkan Sampah-Lumpur Sisa Genangan di Kampung Melayu

KABARINDAH.COM – Sebanyak 17 personel gabungan membersihkan sampah dan lumpur sisa genangan di wilayah Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, Minggu (31/10). Mereka dikerahkan membantu warga pasca terjadinya genangan akibat luapan Kali Ciliwung pada Minggu dinihari tadi.

Lurah Kampung Melayu, Angga Harjuno mengatakan, ke 17 personel yang dikerahkan ini berasal dari unsur PPSU, Satgas Sumber Daya Air (SDA) dan Satpol PP. Mereka bergabung dengan warga terdampak genangan di RW 04, 05, 07 dan RW 08.

“Ini untuk membantu warga dalam mempercepat penanganan pasca genangan,” papar Angga.

Menurutnya, genangan akibat luapan kali Ciliwung terjadi sekitar pukul 02.30 dinihari. Lokasi terdampak ada di sebagian wilayah RW 04, 05, 07 dan RW 08. Ketinggian air berkisar 35-90 sentimeter.

Baca Juga:  8 Tempat Makan Langgar Prokes, Satpol PP DKI Jakarta Tindak Tegas

Daerah tertinggi di RW 04 dan 05 yang mencapai 90 sentimeter karena berada di bantaran Kali Ciliwung. Sedangkan terendah di RW 07 karena posisinya lebih tinggi dibanding wilayah lainnya.

Pada pukul 14.30 tersisa genangan sekitar 25 sentimeter di wilayah RT 10 dan 11 RW 05 karena lokasinya persis di pinggir kali.

Hingga pukul 15.15 personel gabungan masih membantu membersihkan sampah dan lumpur sisa genangan dengan menggunakan peralatan sederhana seperti sapu lidi, cangkul, pengki, cangkrang, karung dan peralatan lainnya.

“Petugas gabungan tetap kami siagakan untuk membantu warga,” tandasnya.