Kabar  

Si Cepot Sasar ODGJ di Kota Sukabumi untuk Divaksin!

KABARINDAH.COM–Orang dengan gangguan kejiwaan (ODGJ) tak luput menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 di Kota Sukabumi. Vaksinasi ini di gelar di Pondok Pesantren Sunanul Aulia, Kelurahan Tipar, Kecamatan Citamiang, Kamis (7/10).

Layanan ini salah satu bagian inovasi Sistem Cepat Penanganan ODGJ Terpadu (Sicepot) Puskesmas Topas Dinas Kesehatan Kota Sukabumi. ” Kami melaksanakan vaksinasi bagi ODGJ baru pertama kali dilakukan bersama dengan unsur Polri dan TNI,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Kamis (7/10). Hal ini sebagai bentuk dukungan kepada ODGJ dan juga warga sekitar yang belum divaksin.

Fahmi menjelaskan, inovasi puskesmas Si Cepot ini adalah sistem pelayanan penangan ODGJ secara terpadu sehingga dijaminkan ketika ada ODGJ di Kota Sukabumi mampu tertangani dengan baik. Baik dari sisi kesehatan, mentalitas, dan sosial.

Baca Juga:  Gubernur Anies Sebut Perlu Diwaspadai 3 Penyebab Banjir di Jakarta Ini

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Lulis Delawati menambahkan, vaksinasi kepada ODGJ ini bagian dari percepatan vaksinasi di Kota Sukabumi. Ada sebanyak 444 orang ODGJ yang terdata di Kota Sukabumi.

Ia berharap semua ODGJ yang terdag bisa mendapatkan vaksinasi. Nantinya pakasanaan akan melibatkan aparat kewilayahan dan instansi terkait lainnya.