Inilah 5 Manfaat Susu Almond untuk Menjaga Kesehatan Tubuhmu

  • Bagikan

KABARINDAH.com – Dengan maraknya pola makan nabati, banyak orang mulai mencari alternatif selain susu sapi. Susu almond adalah salah satu susu nabati yang cukup banyak dinikmati karena tekstur dan rasanya yang kaya. Berikut sejumlah manfaat susu almond.

Namun, karena ini adalah minuman olahan, Anda mungkin bertanya-tanya apakah itu pilihan yang bergizi dan aman.

Apa itu susu almond?

Susu almond terbuat dari kacang almond bubuk dan air tetapi dapat mengandung bahan lain tergantung pada jenisnya. Dalam kebanyakan susu almond komersial, pengental, pengawet, dan perasa biasanya ditambahkan untuk meningkatkan rasa, tekstur, dan umur simpan.

Susu almond secara alami bebas dari susu, artinya cocok untuk vegan, serta orang dengan alergi susu atau intoleransi laktosa. Susu almond dapat memberikan manfaat kesehatan tertentu. Lalu apa saja manfaat susu almond?

1. Tinggi vitamin E

Almond adalah sumber vitamin E yang sangat baik, yang merupakan vitamin yang larut dalam lemak yang penting untuk melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas

Baca Juga:  Mood Kamu Nggak Stabil saat WFH? Inilah 5 Tips Atasi Pandemic Fatigue

Sebagaimana dilansir Healthline, Vitamin E meningkatkan kesehatan mata dan kulit dan mungkin berperan dalam melindungi dari kondisi seperti penyakit jantung.

2. Rendah kalori

Meskipun almond mengandung 50 persen lemak dan tinggi kalori, tapi susu almond terbilang minuman rendah kalori.

Ini berarti Anda bisa meminumnya dalam jumlah banyak tanpa menyebabkan penambahan berat badan. Ia juga kaya akan beberapa nutrisi relatif terhadap kandungan kalorinya.

Sebagaimana dilansir Medical News Today, produsen susu almond mengencerkannya dengan air sehingga kandungan lemaknya mirip dengan susu rendah lemak, yaitu sekitar 1 persen lemak.

Satu cangkir susu almond hanya mengandung 39 kalori, yang merupakan setengah dari jumlah kalori dalam secangkir susu skim.

3. Susu almond tanpa pemanis tidak meningkatkan gula darah

Banyak susu almond di pasaran sarat dengan tambahan gula. Sebaliknya, susu almond bebas gula adalah minuman rendah karbohidrat, yang terdiri dari kurang dari 2 persen karbohidrat.

Baca Juga:  Mood Kamu Nggak Stabil saat WFH? Inilah 5 Tips Atasi Pandemic Fatigue

Untuk alasan ini, susu almond tidak menyebabkan lonjakan kadar gula darah, sehingga cocok untuk penderita diabetes, serta mereka yang mengikuti diet rendah karbohidrat.

Namun, pastikan untuk membaca daftar bahan dan pilih produk yang semurni mungkin.

4. Susu almond yang diperkaya memperkuat tulang

Produk susu adalah sumber kalsium makanan terkaya. Sebaliknya, almond adalah sumber nutrisi yang terbilang kurang. Untuk membuat susu almond lebih mirip dengan susu asli, produsen seringkali memperkaya dengan kalsium.

Hasilnya, susu almond yang diperkaya menjadi sumber kalsium yang sangat baik bagi orang-orang yang tidak mengonsumsi produk susu, seperti vegan dan mereka yang tidak toleran terhadap laktosa atau alergi susu.

Baca Juga:  Mood Kamu Nggak Stabil saat WFH? Inilah 5 Tips Atasi Pandemic Fatigue

Kalsium sangat penting untuk membangun dan memelihara tulang. Untuk alasan ini, asupan kalsium yang cukup mengurangi risiko osteoporosis, kondisi yang berhubungan dengan tulang dan patah tulang yang lemah

5. Mengurangi risiko penyakit jantung

Studi observasi menunjukkan bahwa konsumsi kacang-kacangan secara teratur dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Ini sebagian karena mereka tinggi lemak sehat.

Susu almond adalah minyak 1 persen menurut beratnya, sekitar 90 persen di antaranya tidak jenuh. Penelitian telah mengaitkan asam oleat, yang merupakan asam lemak utama dalam minyak almond, dengan perubahan bermanfaat dalam lipid darah

Terlepas dari lima manfaat susu almond tersebut, ada kekurangan dari susu almond, seperti kurangnya protein. Susu almond hanya menyediakan 1 gram protein per cangkir (240 ml) sedangkan susu sapi dan susu kedelai masing-masing menyediakan 8 dan 7 gram.

  • Bagikan