PMI Peduli Lansia, Sosialisasikan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat

  • Bagikan
Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Kelurahan Benteng saat memberikan sosialisasi dan edukasi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) sekaligus praktek cara cuci tangan yang benar kepada lansia yang menghuni Panti Kasih GKI Kota Sukabumi, Rabu (8/9).

KABARINDAH.COM–Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sukabumi melakukan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada warga lanjut usia (lansia) dalam upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19, Rabu (8/9) lalu.

” Lansia merupakan kelompok warga yang sangat rentan terhadap penularan Covid-19, oleh karena itu sosialisasi PHBS sangat penting diberikan agar para warga lansia dapat terhindar dari paparan covid – 19,” ujar Lurah Benteng, Tri Hastuti, Jumat (10/9).

Lokasi pelaksanaan kegiatan ini yakni di Panti Kasih GKI yang merupakan asrama khusus bagi kaum lansia. Kegiatan ini dilaksanakan dengan mengerahkan Relawan Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT) Kelurahan Benteng.

Dalam pelaksanaannya para relawan memberikan edukasi dengan cara yang sederhana agar mudah dipahami oleh penghuni asrama. Mulai cara pemakaian masker, praktek mencuci tangan yang benar dengan menggunakan sabun, serta protokol kesehatan lainnya. Adapun sosialisasi tersebut diikuti oleh 20 orang lansia.

Ketua PMI Kota Sukabumi, Suranto Sumowiryo memberikan tanggapannya terkait kegiatan tersebut. ” Program tersebut merupakan rangkaian dari program penguatan respon Covid-19 melalui dukungan PMI Pusat dan Korea International Cooperation Agency (KOICA),” ujar Suranto, Jumat (10/9).

Kegiatan ini merupakan upaya optimalisasi peran aktif relawan dalam pencegahan penyebaran Covid-19 di lingkungannya masing-masing.

  • Bagikan