Mimpi Menunaikan Ibadah Haji, Inilah 12 Arti dan Maknanya

  • Bagikan

KABARINDAH.COM —  Menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci adalah impian setiap Muslim di sentero jagad. Namun, tak semua Muslim bisa menunaikan rukun Islam kelima itu. Sebab, ibadah haji hanya diwajibkan bagi umat Islam yang mampu saja.

Lalu, bagaimana jika seorang Muslim mimpi menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci.

Bermimpi menunaikan ibadah haji saat tidur ternyata juga mengandung arti dan makna tertentu. Lalu apa arti dan makna mimpi menunaikan ibadah haji ke Baitullah di Makkah?

Imam Muhammad Ibn Sirin dalam kitab Tafsir Mimpi berjudul “Muntakhab al-Kalam fi Tafsir al-Ahlam” mengungkapkan sederet arti atau makna mimpi naik haji  ke Tanah Suci.

Berikut arti dan makna mimpi menunaikan ibadah haji:

  1. Menunaikan ibadah haji ke Makkah, memenuhi segala kewajibannya dan mengikuti tata-caranya dalam mimpi melambangkan perkembangan spiritual dan religius. Ini akan membawa balasan yang besar dalam hidup seseorang dan dalam kehidupan yang akan datang, menenangkan ketakutannya, dan menunjukkan bahwa ia adalah seorang yang dapat dipercaya.
  2. Jika mimpi itu terjadi selama musim haji, maka ini berarti keuntungan bagi pedagang, kesembuhan bagi orang yang sedang sakit, menemukan petunjukan setelah kelalaian, atau bisa berarti juga bahwa seseorang akan menunaikan ibadah haji, meskipun ia belum melaksanakan kewajibannya untuk berhaji.
  3. Jika mimpi itu terjadi bukan pada saat musim ibadah haji, maka ini berarti sebaliknya. Jika seseorang melihat dirinya menjadi anggota jamaah haji, dan jika diragukan untuk bisa menunaikannya meskipun ia mampu melaksanakannya, maka ini berarti bahwa ia adalah seorang tercela dan tidak bersyukur.
  4. Menunaikan ibadah haji dalam mimpi juga menandakan pentingnya mengurus orang-tua dan bersikap jujur kepadanya, atau kewajiban mengurus guru dan bersikap jujur kepadanya.
  5. Menunaikan ibadah haji juga berarti mengunjungi seorang wali, seorang suci, atau seorang syaikh, seorang ilmuwan, atau juga berarti melaksanakan pernikahan, memperoleh pengetahuan, memenuhi kebutuhan sendiri, pulih kembali dari sakit, atau bergabung dengan sekelompok orang salih.
  6. Jika seseorang bermimpi melakukan perjalanan dengan kendaraan untuk melaksanakan ibadah haji, maka ini berarti bahwa ia akan mendapatkan pertolongan dari Allah.
  7. Jika ia melakukan perjalanannya dengan berjalan kaki mengikut seekor unta, maka ini berarti bahwa ia akan memperoleh pertolongan Allah melalui pertolongan seorang wanita.
  8. Jika ia mengendarai seekor gajah bahwa ini berarti ia akan menunaikan ibadah haji sebagai seorang jamaah dari delegasi pemerintah.
  9. Jika seorang melakukan perjalanan dengan berjalan kaki dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia telah membuat janji yang harus ditepatinya.
  10. Pulang kembali setelah melaksanakan ibadah haji dalam mimpi menandakan keuntungan dan melepaskan diri dari tekanan jiwa.
  11. Jika seseorang membawa perbekalannya dalam mimpi, maka ini berarti bahwa ia akan berdiri di belakang Sang Pencipta dengan penuh kesalihan dan ketakziman. Membawa perbekalan ziarah dalam mimpi berarti memberikan hak orang-orang miskin, atau bisa juga berarti membayar utang.
  12. Jika seseorang bermimpi melihat dirinya akan pergi menunaikan ibadah haji sendirian, dan orang-orang berdiri mengucapkan selamt tinggal kepadanya, maka ini berarti bahwa ia akan segera meninggal. (*)
  • Bagikan