Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi Harus Berkontribusi Memutus Penyebaran Covid–19

KABARINDAH.COM, SUKABUMI – Upacara Peringatan Hari Pramuka ke – 60 tingkat Kota Sukabumi digelar secara terbatas dan virtual di Balai Kota Sukabumi, pada hari kemarin, Sabtu, 14 Agustus 2021.

Upacara tersebut dipimpin oleh Wali Kota, Achmad Fahmi, dan diikuti diantaranya oleh jajaran pimpinan perangkat daerah pada Pemerintah Kota Sukabumi serta pengurus Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi.

Seusai upacara, Wali Kota beserta jajaran mengunjungi kantor Kwarcab Pramuka Kota Sukabumi untuk meninjau beberapa kegiatan yang diadakan dalam rangka peringatan Hari Pramuka.

Dalam keterangan persnya, Wali Kota menyampaikan sebagaimana amanat Kwarnas bahwa Pramuka di masa pandemi covid – 19 harus mampu menunjukkan rasa simpati dan empatinya kepada masyarakat, sesuai dengan tema peringatan tahun ini.

Baca Juga:  Pemkab Garut Mulai Distribusikan Bantuan Sosial

Ia mengharapkan Kwarcab Kota Sukabumi mampu merealisasikan amanat Kwarnas, sehingga di masa pandemi ini, Pramuka tetap aktif dan mampu memberikan kontribusi yang baik dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid – 19.

Sebelumnya pada hari Jumat, 13 Agustus 2021, di Balai Kota, juga digelar Upacara Renungan dan Ulang Janji Pramuka yang dipimpin oleh Wali Kota Sukabumi dan diikuti oleh Wakil Wali Kota, Sekretaris Daerah serta undangan lainnya yang mengikuti jalannya upacara secara virtual.

PERINGATAN HARI PRAMUKA

Pramuka, Karang Taruna, Tagana dan PMI menggelar beberapa kegiatan dalam memperingati Hari Jadi Pramuka ke – 60. Berbagai kegiatan tersebut telah digelar sejak awal bulan Agustus dan berkaitan dengan penanggulangan pandemi covid – 19.

Baca Juga:  Edukasi Prokes dan Vaksinasi Covid, Begini Cara Wali Kota Sukabumi

Adapun kegiatan yang diselenggarakan adalah pembukaan dapur umum Karang Taruna, Tagana dan Pramuka sejak tanggal 1 – 14 Agustus 2021 di Kwarcab Pramuka. Keberadaan dapur umum dimanfaatkan untuk memberikan bantuan makanan bagi tenaga kesehatan, termasuk pasien covid – 19 yang sedang menjalani isolasi mandiri.

Ketua Karang Taruna Kota Sukabumi, Raden Koesoemo Hutaripto, mengatakan bahwa dapur umum tersebut diadakan sebagai bagian dari peringatan Hari Pramuka dengan mengangkat tema Pramuka Peduli dan Karang Taruna Peduli. Dijelaskannya selain membantu para tenaga kesehatan, pihaknya juga menyalurkan makanan bagi para pasien covid – 19 yang menjalani isolasi mandiri, sebagai bagian dari dukungan terhadap Pemerintah dalam penanggulangan covid – 19.

Sedangkan PMI Kota Sukabumi beserta Tagana, menggelar kegiatan donor darah dalam peringatan Hari Pramuka.

Baca Juga:  Enam IAIN Diajukan Transformasi Jadi UIN

Ketua Tagana Kota Sukabumi, Dede Kusweli, mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kerja sama antara PMI Kota Sukabumi, Pramuka dan Tagana. Selain menggelar donor darah, Tagana beserta Karang Taruna juga melakukan kegiatan lainnya yakni menyalurkan makanan bagi pasien covid – 19 yang melaksanakan isolasi mandiri. Pada kegiatan donor darah, Tagana menargetkan dapat terkumpul 50 kantong darah. Kegiatan ini menurut Ketua Tagana Kota Sukabumi menunjukkan bahwa Tagana bukan hanya berperan dalam penanganan bencana alam, tetapi juga dalam bencana sosial.