Kabar  

Kesadaran Masyarakat Kota Sukabumi untuk Swab Test Meningkat

Warga melakukan Swab di Labkesda, Senin (28/6)

KABARINDAH.COMKepedulian dan kesadaran masyarakat Kota Sukabumi terkait pencegahan penyabaran wabah Covid-19 terus mengalami peningkatan. Hal ini terlihat dari antusias masyarakat untuk melakukan tes swab PCR Covid-19 di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Kota Sukabumi.

Labkesda sendiri tengah melakukan Swab PCR yang digelar setiap Senin dan Kamis. Data Labkesda sendiri antusias warga untuk SWAB naik dua kali lipat.

” Dibanding dengan hari biasa ada kenaikan, sebelumnya hanya 100 orang hingga 180 orang sekarang menjadi 400 hingga 500 orang setiap kegiatan SWAB,” ujar Kepala Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Dinas Kesehatan Kota Sukabumi Yanti Kurnianti, Senin (28/6).

Yanti menjelaskan, target pada Senin ini (28/6) sebanyak 413 orang dan yang datang sebanyak 388 orang dan tidak datang sebanyak 25 orang.

Baca Juga:  Akhirnya Vaksinasi Lansia Kota Sukabumi Alami Peningkatan

” Untuk warga yang tidak hadir hari ini bisa dialihkan ke hari kamis nanti,” jelas Yanti. Warga yang di Swab berdasarkan hasil tracing di beberapa wilayang puskesmas yang menyerahkan data ke Labkesda untuk di Swab.

Hasil Swab diharapkan selesai satu hari dan paling lambat pada besoknya. Yanti menegaskan Swab ini gratis karena pasien yang diarahkan puskesmas yang konfirmasi kontak erat dengan positif atau bergejala didasarkan data puskesmas. Nantinya warga bisa mendapatkan hasil tes ke petugas puskesmas yang mengirim.