Juli 2021, UIN Bandung-IYSA Siap Gelar Kompetisi Riset Internasional secara Virtual

  • Bagikan

KABARINDAH.COM- Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung bekerja sama dengan Indonesian Young Scientist Association (IYSA) akan menyelenggarakan kompetisi penemuan bertaraf internasional berupa International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS) yang akan diselenggarakan pada tanggal 1-6 Juli 2021 secara virtual.

Wakil Dekan III FST, Dr. Aep Saepuloh, M. Si.menyampaikan sejalan dengan visi Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu Menuju fakultas yang unggul dan kompetitif dalam bidang sains dan teknologi berbasis Wahyu Memandu Ilmu (WMI) dalam bingkai akhlak karimah di Asia Tenggara tahun 2025, “Nanti pada tanggal 1-6 Juli akan digelar IICYMS secara virtual,” tegasnya, Rabu (05/05/2021).

Dr. Aep menjelaskan IICYMS merupakan salah satu kompetisi riset internasional terbesar di Indonesia yang memberikan wadah bagi para mahasiswa dan pelajar Muslim dari berbagai negara untuk berbagi dan menampilkan proyek mereka, “dalam rangka meningkatkan khazanah pengetahuan dari berbagai disiplin kelimuan, sehingga dapat berkontribusi pada pembangunan dunia,” paparnya.

Menurutnya, kompetisi ini dapat diikuti oleh seluruh pelajar Muslim dari tingkat dasar (SD), menengah (SMP dan SMA) sampai mahasiswa S1 yang berasal dari berbagai negara dan membentuk satu tim yang terdiri dari 2-5 orang, di luar mentor, pembimbing. “Setiap tim tersebut hanya diperbolehkan mengirimkan satu proyek dari beberapa kategori yang ada lalu dinilai oleh para juri ahli di masing-masing bidang,” jelasnya.

Adapun kategori proyek terdiri dari Sains Murni (Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia), Sains Kehidupan, Ilmu Lingkungan, Teknik Mesin dan Teknik Elektro, Ilmu Komputer, Ilmu Sosial, Sains dalam Islam, Pendidikan dan lainnya.

Dalam kegiatan ini akan hadir Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam untuk ikut serta menyambut dan memeriahkan kegiatan. “Selain menampilkan proyek dari tiap tim, nantinya IICYMS akan menampilkan pula pengenalan budaya Jawa Barat,” tuturnya.

Untuk informasi terkait dengan penyelenggaraan kompetisi ini dapat diakses melalui situs resmi http://iicyms.or.id/  akun media sosial resmi IICYMS.  Intsagram :@iicyms_official dan no kontak yang bisa dihubungi 0858-6073-2693

  • Bagikan