Kabar  

Kepengurusan Baru Bewara Pers UM Bandung Usung Semangat Kepemimpinan Jurnalis Muda

Dokumentasi Promosi dan PMB UM Bandung.***

KABARINDAH.COM, Bandung – Kepengurusan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Bewara Pers Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung periode 2023-2024 resmi dilantik pada Selasa (09/01/2024).

Pelantikan berlangsung di Auditorium KH Ahmad Dahlan lantai tiga UM Bandung dan mengusung tema ”Freedom of the Press: Kepemimpinan Jurnalis Muda Baru Demi Membangun Pers Kampus yang Berintegritas pada Era Digital”.

Hadir dalam acara ini Pembina Bewara Pers, Kepala Bagian Kemahasiswaan dan Pengembangan Karier, perwakilan sejumlah ormawa di UM Bandung, dan mahasiswa.

Pada kepengurusan kali ini, mahasiswa UM Bandung Daffa Ichyaul Majid Sarja terpilih sebagai Ketua UKM Bewara Pers periode 2023-2024. Adapun kepengurusan yang dipimpin oleh Daffa mengusung kabinet Abhipraya Gana.

Baca Juga:  Kuatkan Ideologi dan Gerakan, IMM Karawang Bagikan Buku kepada Kader

”Abhipraya Gana sendiri berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya pasukan yang memiliki harapan, tujuan, dan keinginan yang baik,” ucap Daffa.

Daffa berharap, dengan filosofi tersebut, dirinya dan tim Bewara Pers bisa menjadi satu organisasi yang selalu punya harapan, tujuan yang jelas, dan keinginan yang kuat.

Dirinya mengatakan, selain menjalankan tugas-tugas pers kampus, Bewara Pers juga akan menjalankan beberapa program kerja strategis dengan inovasi yang baru.

”Beberapa program itu di antaranya kami akan mengadakan pelatihan seputar dasar-dasar jurnalistik dan seminar yang terkait dengan isu sosial yang beredar,” ujar Daffa.

Daffa menjelaskan, tidak hanya di lingkungan universitas, pers kampus harus bisa menjangkau ke ranah isu sosial dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik atau pemberitaan. ”Kita sebagai pers kampus perlu mengembangkan diri dalam pembuatan berita ke ranah sosial di luar kampus,” jelasnya.

Baca Juga:  Inilah Cara Membuat CV Sesuai Format Perusahaan bagi yang Hendak Melamar untuk Magang!

Responsif isu kampus

Sementara itu, Ketua UKM Bewara Pers periode 2022-2023 Miqdad Syadid Qutbh Alfani sangat bersyukur atas pelantikan kepengurusan baru kali ini.

Ia berpesan kepada kepengurusan Bewara Pers untuk selalu peka terhadap isu-isu yang beredar di masyarakat khususnya di dalam kampus. ”Saya harapkan agar kepengurusan baru Bewara Pers dapat selalu update informasi yang beredar di kampus,” ungkap Miqdad.

Di samping itu, kata Migdad, agar kepengurusan baru Bewara Pers dapat lebih responsif terhadap perkembangan kampus. ”Para pengurus juga harus bisa mengikuti perkembangan organisasi yang berada di internal kampus,” tandas Migdad.***(FK)