Plesir  

Sungai Cimandiri Sukabumi Didorong Jadi Destinasi Wisata Unggulan, Sedot Pengunjung Lokal Hingga Mancanegara

KABARINDAH.COM, Sukabumi–Keberadaan aliran Sungai Cimandiri menjadi potensi wisata alam yang menjanjikan di Kota Sukabumi. Hal ini bisa terwujud bila dilakukan pengembangan wisata dengan baik dan terbebas dari pembuangan sampah ke sungai.

Hal ini mengemuka dalam mitigasi Sungai Cimandiri yang dilakukan unsur Forkopimda dan jajaran aparatur Pemerintah Kota Sukabumi pada Selasa (9/1/ 2024). ” Kondisi alam Kota Sukabumi jika dikelola dengan baik akan menjadi destinasi wisata yang dapat menarik wisatawan domestik hingga mancanegara,” ujar Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi, Kusmana Hartadji.

Salah satunya aliran Sungai Cimandiri yang merupakan potensi wisata unggulan. Upaya mitigasi ini termasuk juga pembersihan sampah dalam melihat kondisi mana yang perlu turun ditangami.

Baca Juga:  Inilah 5 Rumah Makan Khas Sunda Lesehan di Garut

” Ini adalah potensi yang bisa menjadi destinasi wisata di Kota Sukabumi,” ungkap Kusmana. Sehingga kegiatan mitigasi bersama unsur Forkopimda dan jajaran aparatur Pemkot Sukabumi menjadi sesuatu yang luar biasa.

Kota Sukabumi terang Kusmana, memang memiliki potensi alam yang dapat terus dikembangkan dan tidak kalah oleh daerah lain. Dalam artian bisa menjadi sesuatu yang menjanjikan ke depan.

” Dengan turunnya kami ini dapat membuat peluang-peluang investasi melalui pengembangan potensi alam yang dimiliki,” cetus Kusmana. Ia meyakini melalui ikhtiar yang tepat, potensi alam di Kota Sukabumi seperti aliran Sungai Cimandiri dapat dinikmati oleh masyarakat Jawa Barat, termasuk oleh wisatawan atau pengunjung dari luar provinsi.

Baca Juga:  Pandemi, Sukabumi Bangkitkan Pariwisata Lokal

Selain itu lanjut Kusmana, tidak menutup kemungkinan akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan mancanegara. Apalagi, salah satu potensi alam yang ada di sini yaitu air panas alam.

” Potensi seperti ini jarang juga, ya. Air panas alami tidak ada di semua tempat. Selain itu, kita juga tadi didampingi orang-orang berpengalaman yang sangat luar biasa,” kata Kusmana. Potensi Sumber daya alam (SDA) ini menjadi pekerjaan rumah bersama untuk terus ditata dan dibangun.

Pemkot Sukabumi juga lanjut Kusmana, akan melakukan penanaman pohon di beberapa titik bantaran sungai yang mengalami longsor. ” Bersama Pak Dandim dan Pak Kapolres akan melakukan penghijauan, karena tadi dilihat ada beberapa titik di bantaran sungai yang mengalami sedikit longsor,” kata dia.