Plesir  

Qatar, Tuan Rumah Piala Dunia 2022, Negara Kaya Raya

KABARINDAH.COM – Federasi sepak bola dunia (FIFA) telah menunjuk Qatar sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia (World Cup) 2022. Ini membuat negara beribu kota di Doha sebagai negara Asia kedua yang menjadi host turnamen sepak bola tertinggi sejagat.

Jauh sebelumnya, FIFA menunjuk Korea Selatan dan Jepang sebagai tuan rumah bersama Piala Dunia 2002.

Ditunjuknya Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 bukan tanpa alasan. Negara yang tergabung dalam Emirat ini cukup berpengalaman menggelar turnamen sepak bola internasional, di samping fasilitas yang mengagumkan.

Berikut adalah beberapa fakta menarik Qatar yang bakal menjadi sorotan selama Piala Dunia 2022 berlangsung, 20 November–18 Desember 2022. Mengenal lebih dalam Qatar yang memesona dan menemukan hal-hal yang menjadikannya tempat yang dinamis untuk ditinggali dan dikunjungi.

Nama “Qatar”

Nama ini pertama kali digunakan oleh penulis Romawi ‘Pliny the Elder’ dan merujuk pada penduduk wilayah yang disebut Catharra.

Siapa yang memerintah Qatar?

Keluarga Al-Thani telah memerintah negeri ini sejak 1825 dengan Yang Mulia Amir Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani sebagai kepala negara saat ini.

Arti bendera

Bendera negara beribu kota Doha ini berwarna putih dan merah hati dengan garis vertikal bergerigi. Tepi bergerigi tersebut berujung sembilan yang menandakan Qatar sebagai anggota ke sembilan dari “emirat yang didamaikan” setelah perjanjian Qatar–Inggris pada 1916.

Demografi

Populasi negeri ini pada 2020 sekira 2,8 juta orang dengan penduduk lokal sebanyak 15 persen dari jumlah tersebut. Negeri ini memiliki tingkat melek huruf mencapai 97 persen.

Dari total populasi, jumlah penduduk wanitanya terendah di dunia. Hanya 24,7 persen dari populasinya itu adalah wanita dan ini berarti ada tiga pria untuk setiap wanita.

Hal ini sebagian besar disebabkan oleh banyaknya jumlah pekerja migran laki-laki. Fakta lainnya, Qatar memiliki populasi paling urban di dunia dengan 99,2 persen warganya tinggal di kota.

Baca Juga:  Kramat Pulo, Kampung Ondel-Ondel di Jakarta. Warganya Bangga Berbudaya Betawi!

Warisan dunia

Negara yang memiliki 563 kilometer garis pantai ini memiliki situs warisan budaya yang kaya. Misalnya, Menara Barzan dan Benteng Al Zubarah beserta karya-karya arkeologi di sekitarnya dan telah diklasifikasikan sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO.

Seberapa aman dan mudah bepergian di negeri ini?

Warga lebih dari 80 negara dapat memasuki Qatar tanpa visa. Ini menjadikannya sebagai negara paling terbuka di Timur Tengah dan ke-8 di dunia dalam hal fasilitasi visa.

Di Timur Tengah, bahkan tercatat sebagai negara paling ramah dan teraman di dunia menurut NUMBE (indeks kejahatan terendah). Selain itu, negara kaya ini berada di peringkat 31 dari 153 negara dalam Indeks Perdamaian Global sehingga termasuk negara teraman di dunia.

Maskapai

Qatar Airways adalah maskapai nasional dan telah berulang kali dinilai sebagai Maskapai Terbaik Dunia. Pada 2019, maskapai tersebut memenangkan penghargaan untuk kelima kalinya di Skytrax World Airline Awards yang diadakan di Paris Air Show.

Bandara Internasional Hamad

Rumah bagi Qatar Airways adalah Bandara Internasional Hamad (HIA) yang telah digambarkan sebagai kompleks terminal paling signifikan secara arsitektur dan paling mewah di dunia. Untuk tahun keenam berturut-turut telah dinyatakan sebagai “Bandara Terbaik di Timur Tengah” di Skytrax World Airport Awards 2020.

Apa yang membuat HIA unik?

Bekerja sama dengan Museum Qatar, bandara ini memiliki galeri seni yang luas di seluruh terminal, seperti “Oryx” oleh Tom Claassen, “Pembibitan Arktik El Dorado” oleh Marc Quinn, dan “Mappemondes” oleh Adel Abdessemed.

Puncaknya adalah “Lamp Bear” karya Urs Fischer yang dirancang untuk mengingatkan para pelancong tentang masa kecil yang riang.

Lanskap media

Qatar adalah rumah bagi Al-Jazeera, entitas media yang ramai dan riuh yang memiliki jurnalisme mutakhir. BeIN Sports adalah jaringan global dengan sejumlah saluran olahraga yang berkantor pusat di Doha.

Negara terkaya di dunia

Negara ini mengekspor minyak dan gas alam dalam jumlah besar, terhitung 97 persen lebih dari ekspornya bernilai total lebih dari $58 miliar.

Baca Juga:  Kuncinya di Ekosistem Digital, Sandiaga Uno: Sektor Pariwisata Harus Jadi Pandemic Winner

Seberapa besar cadangan gas alamnya?

Meski bukan terbesar, Qatar memiliki cadangan gas alam terbesar ketiga di dunia setelah Rusia dan Iran. Mitra dagang gas utamanya adalah India, Cina, Jepag, Korea Selatan, Amerika Serikat, dan UEA.

Sebelum penemuan gas alam, ekonomi negeri ini sebagian besar didasarkan pada penangkapan ikan, penyelaman mutiara, dan perdagangan.

Real estate

Msheireb Downtown adalah kota berkelanjutan di inti pusat kota Doha yang telah diregenerasi. Kota ini menampilkan elemen arsitektur tradisional dalam garis modern yang bersih. Daerah ini juga merupakan rumah bagi empat Museum Mshereib.

Kota pintar Lusail memiliki marina tepi laut yang menakjubkan dan sejumlah menara perumahan dan perkantoran. Pearl-Qatar adalah pulau buatan di Doha yang berbentuk menyerupai untaian mutiara yang mengacu pada sejarah penyelaman mutiara negara tersebut.

Ini juga merupakan area pertama di Qatar sebagai tempat orang asing dapat membeli properti. Education City adalah rumah bagi lebih dari 50 entitas di ruang pengetahuan.

Ini termasuk 13 sekolah dan sembilan universitas serta berbagai pusat dan inisiatif skolastik, dan penelitian yang fokus pada masyarakat.

Seni dan budaya

Negara seluas 11.571 kilometer persegi ini telah memperoleh sejumlah besar seni modern dan kontemporer dan seni bernilai ratusan juta dolar. Inilah rumah bagi sebagian besar museum, galeri, dan karya seni publik.

Arsitek terkenal yang pernah mengerjakan proyek di negeri ini antara lain I.M Pei. Ia keluar dari masa pensiunnya untuk merancang Museum Seni Islam di pulau yang dibangun khusus yang berbatasan dengan kawasan pejalan kaki tepi laut pusat Doha, Corniche.

Selanjutnya, Jean Nouvel yang merancang Museum Nasional yang spektakuler yang mengambil inspirasi dari formasi alami yang dikenal sebagai mawar gurun.

Ada juga Azaha Hadid yang berada di belakan megahnya Stadion Al Janoub. Stadion ini berbentuk seperti layar perahu kayu “dhow” yang masih mengarungi perairan di sepanjang cakrawala Doha.

Baca Juga:  Wow, Kalahkah 76 Pesaing, Wonderful Indonesia Terbaik se-Dunia, Raih "Best Creative Destination"

Kampus internasional

Beberapa universitas ternama internasional memiliki kampus di Doha. Ini termasuk: Weill Cornell Medcal Colloge, Carnegie Mellon University, Texas A&M University, Northwestern University, Virginia Commonwealth University School of the Arts, dan Georgetown University School of Foreign Service.

Satwa liar

Apakah negeri gurun ini memiliki satwa liar? Ada 21 spesies mamalia yang ditemukan di sana. Spesies ini termasuk kijang Arab, kelinci gurun, serigala emas, unta, kelelawar bertelinga panjang, musang madu, rubah pasir, dan rusa.

Olahraga tradisional

Falconry adalah olahraga tradisional di The Maroon dan merupakan bagian dari warisan takbenda negara. Orang dimungkinkan untuk membeli elang di pasar elang khusus yang juga memiliki rumah sakit burung predator tersebut.

Maskapai nasional Qatar Airways, bahkan mengizinkan para pelancong untuk membawa elang di kabin kelas ekonomi pesawatnya, maksimal 6 ekor dalam satu pesawat. Selain itu, negeri ini juga memiliki sejarah panjang balap unta dan olahraga berkuda terbaik di jazirah Arab.

Penyelenggara event olahraga dunia

Qatar telah menjadi negara di Timur Tengah pertama sebagai penyelenggara sejumlah acara olahraga berskala besar. Event ini termasuk Asian Games 2016, Game Korporat Dunia ke-23 2019, Kejuaraan Dunia Atetik ke-17 2019, dan Piala Dunia 2022.

Mendatang, negara ini bakal menjadi penyelenggaran Kejuaraan Renang Dunia FINA 2023 dan Asian Games 2030. Di ajang otomotif, negeri gurun ini punya Sirkuit Lusail yang megah.

Apa yang membuat Piala Dunia 2022 unik?

Tak hanya pertama digelar di kawasan Timur Tengah, tetapi juga seluruh laga dimainkan di sekitar Doha dan berdekatan. Turnamen ini akan menjadi piala dunia terakhir yang dimainkan di satu negara.