Ini Cara ITB-UIN Bandung Tingkatan Publikasi, Konferensi Internasional ICWT 2023 Siap Digelar di Solo

KABARINDAH.COM-Dalam rangka menyelenggarakan International Conference on Wireless and Telematics (ICWT) 2023 dilakukan penandatangan nota kerjasama antara Dekan Sekolah Teknik Elektro dan Informatika (STEI) ITB, Dr. Tutun Juhana, MT dengan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Hasniah Aliah, M.Si. yang dilaksanakan di Aula Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Senin (13/2/2022).

Kerjasama tahun ke tujuh dalam penyelenggaraan konferensi Internasional bersama yang akan digelar pada 6-7 Juli 2023 di Solo Jawa Tengah. Ini dihadiri oleh Kepala Pusat Penelitian dan Penerbitan LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Deni Miharja M.Ag.

“Atas nama LP2M melalui Pusat Penelitian dan Penerbitan sangat menyambut baik kegiatan ICWT 2023 yang akan dilaksanakan bersama dengan ITB. Ini sebagai upaya dalam meningkatkan publikasi ilmiah UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Kita diketahui bersama bahwa salah satu indikator kualitas perguruan tinggi sangat di tentukan dari karya ilmiah yang dihasilkan dan ini menjadi konsen dari Ketua LPPM Dr. Husnul Qodim,” jelasnya.

Baca Juga:  Hakikat Kepemimpinan dalam Organisasi

Dekan FST, Dr. Hasniah Aliah, M.Si. menyampaikan bahwa kerjasama ini tentunya harus terus ditingkatkan tidak hanya dalam penyelenggaraan konferensi Internasional saja, melainkan bisa berlanjut dengan penelitian bersama, kegiatan PKM bersama antara ITB dan UIN.

“Saya berharap hasil konferensi ini tidak hanya diterbitkan dalam prosiding IEEE, tapi juga ada yang bisa diterbitkan di Jurnal Internasional bereputasi,” tegasnya.

Dekan STEI ITB Dr. Tutun Juhana, MT menuturkan bahwa dari tahun ketahun kualitas penelitian dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung terus meningkat seiring dengan semakin ketatnya proses review dari konferensi ICWT yang diterbitkan di IEEE, hasil karya publikasi UIN semakin tahun semakin banyak yang terpublish.

Baca Juga:  Ketua Komisi Informasi Pusat Lakukan Pembinaan dan Resmikan Kantor Layanan Informasi Publik UIN Bandung

“Terkait dengan paper terpilih tentunya akan kami upayakan untuk terbit dalam jurnal internasional bereputasi setelah diextend sesuai kebutuhan. Untuk penelitian bersama ITB dalam hal ini STEI sangat membuka diri untuk melakukan kolaborasi penelitian dan PKM dengan pihak UIN Sunan Gunung Djati Bandung,” paparnya.

Ketua komite ICWT 2023 UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Eki Ahmad Zaki Hamidi, MT bertekad guna mensukseskan kegiatan ICWT 2023 dengan meningkatkan jumlah dan kualitas publikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. “Saya berharap kegiatan dapat berjalan dengan lancar, yang rencananya tahun ini akan diselenggarakan tanggal 6-7 Juli 2023 di Solo Jawa Tengah,” tuturnya.

Ketua Jurusan Teknik Elektro Nanang Ismail, MT mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya meningkatkan publikasi baik bagi dosen dan mahasiswa yang tentunya akan dapat meningkatkan publikasi ilmiah bagi dosen yang dapat digunakan untuk kenaikan jabatan maupun sebagai sharing pengetahuan dan bagi mahasiswa. “Mudah-mudahan ini akan menjadi pengalaman tersendiri dan meningkatkan potensi mahasiswa. Dan tahun ini merupakan tahun ke 7 penyelenggaraan konferensi Internasional,” tandasnya.

Baca Juga:  Top! Mahasiswa UIN Bandung Raih Juara I Lomba Menulis Karya Ilmiah

Kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen-dosen dari ITB, dosen dari UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Mahasiswa dan beberapa tenaga Kependidikan.