Lazada.co.id

Inilah 3 Langkah Memilih Oli Mesin untuk Kebutuhan Mobil Anda Agar Tetap Ngabret!

  • Bagikan

KABARINDAH.COM – Sebagai salah satu komponen wajib penunjang performa kendaraan, oli mesin hadir dalam beragam pilihan jenis dan tipe. Sebagai pemilik tentu jangan sampai salah memilih oli mesin karena bisa beresiko terhadap performa dan kesehatan mobil.

“Oli mesin berfungsi untuk melumasi permukaan komponen mesin, mengurangi gesekan antar komponen, dan mempengaruhi usia pakai kendaraan sehingga harus benar-benar memilih yang tepat dan sesuai kebutuhan mesin,” kata Spareparts Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales, Christiana Yuwantie, melalui keterangan resminya.

Christiana Yuwantie membagikan beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih oli mesin yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mesin mobil.

1. Perhatikan Spesifikasi Kendaraan

Untuk mengetahui spesifikasi oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan, pemilik ,mobil dapat melihat pada buku manual terkait rekomendasi penggunaan oli mesin.

Di buku manual serta konsultasi dengan bengkel resmi, pemilik mobil dapat mengetahui jenis dan spesifikasi pelumas dengan standar rekomendasi pabrik yang sesuai.

2. Perhatikan Sertifikasi Pelumas yang Dipilih

Setiap merek yang menawarkan produk oli mesin harus mengantongi izin atau sertifikasi dengan standar terbaik. Beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasi pelumas kendaraan antara lain API, ACEA, ILSAC, SAE, dan JASO.

Ecstar sebagai oli resmi dari Suzuki sudah mengantongi sertifikasi API Service hingga tingkat SN yang merupakan standar kualitas pelumas yang diakui oleh API (American Petroleum Standard).

3. Perhatikan Tingkat Kekentalan Pelumas

Kekentalan oli mesin dapat menunjukkan seberapa mudah oli mengalir hingga melapisi bagian komponen mesin. Kekentalan pelumas diidentifikasi oleh SAE (Society of Automotive Engineer), dan biasanya kode yang diakhiri dengan huruf W pada nama oli dengan angka yang berbeda-beda menunjukkan tingkat kekentalan pelumas.

Kode huruf W adalah singkatan dari Winter yang digunakan sebagai acuan bahwa oli mengalir dari kondisi dingin. Sedangkan perbedaan angka menunjukkan perbedaan spesifikasi dan peruntukan mesinnya.

Tingkat kekentalan oli mesin pun terbagi menjadi encer, sedang, dan kental. Kekentalan oli yang rendah atau encer membuat oli lebih mudah mengalir untuk melumasi sehingga dapat melindungi komponen mesin pada saat suhu rendah, sedangkan kekentalan oli yang tinggi biasanya akan lebih baik dalam mempertahankan kinerja pelumas pada saat suhu mesin tinggi.

  • Bagikan