Motor Yamaha Lexi Kamu Ada Kode Eror 12? Ini Cara Praktis dan Mudah Memperbaikinya

  • Bagikan

KABARINDAH.COM – Pemilik motor Yamaha Lexi mungkin pernah mengalami eror kode 12, dan kesulitan mengatasinya. Nah, artikel ini membahas cara memperbaiki eror kode 12 agar tak terulang lagi.

Teknisi Kondang Motor di Jalan Jenderal Sudirman, Sukoharjo, Kris mengungkapkan bahwa munculnya eror tersebut mengindikasikan adanya kerusakan pada crankshaft position sensor.

“Kerusakan ini bisa karena soket kabel spul yang terbakar karena korsleting,” kata Kris kepada Ayoindonesia, Sabtu 18 Desember 2021.

Meski demikian, untuk memperbaikinya jangan terburu-buru untuk mengganti soket spul tersebut. Pertama, lihat dulu kondisi soket spull apakah layak digunakan atau tidak.

“Apabila masih layak digunakan cukup membersihkannya saja,” ujar Kris.

Baca Juga:  Pahami Prediksi Bahaya Bagi Pengendara Sepeda Motor di Jalan Raya

Lain halnya apabila soket spul tidak bisa digunakan, maka solusinya yaitu membeli kabel untuk kode eror 12 Yamaha Lexi atau membuat sendiri kabel yang serupa.

Penyebab lain munculnya kode eror 12 Yamaha Lexi ini bisa jadi karena kemasukan air saat menembus banjir. Hal ini lantaran letaknya yang dekat dengan roda belakang.

“Kondisi soketnya terbuka jadi gampang terkena air,” kata dia.

Untuk memperbaikinya, pastikan menambah isolasi pada kabel tersebut sehingga dapat meminimalisir terjadinya kerusakan serupa.

  • Bagikan