Kabar  

Ini Cara Kota Sukabumi Optimalisasi Saluran Air di Perkotaan

Illustrasi

KABARINDAH.COMDinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Sukabumi melalui Bidang Sumber Daya Air (SDA) merencanakan untuk memberdayakan saluran air di Kota Sukabumi. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, bekerja sama dengan instansi lainnya.

Kepala Bidang SDA DPUTR Cecep Rapih menjelaskan kegiatan pemberdayaan ini bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB University). ” Pemberdayaan ini diantaranya dalam bidang budidaya perikanan dan kegiatan pembangunan embung ikan yang bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB),” ujar Cecep, Selasa (30/6).

Program ini akan dilaksanakan oleh bidang Sumber Daya Air (SDA) DPUTR dalam rangka pengembangan wisata air serta pengendalian banjir. Program ini meliputi beberapa pemeliharaan daerah irigasi, bendungan dan pintu air di Kota Sukabumi.

Baca Juga:  Tersesat di Hutan Majalengka, 7 Penumpang Minibus Dievakuasi. Kok Bisa?

” Saat ini program yang telah berjalan adalah pemeliharaan 20 daerah irigasi, 136 bendung dan 121 pintu air di Kota Sukabumi,” tambah Cecep. Dalam pemeliharaan tersebut, Bidang SDA DPUTR menurunkan 6 pegawainya untuk merawat dan membersihkan saluran irigasi dan pintu air.

Kepala Bidang SDA DPUTR juga meminta kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah ke aliran sungai atau irigasi, karena dalam pemeliharaan yang dilakukan pihaknya, masalah sampah menumpuk disaluran air sering ditemukan, yang berdampak pada tersumbat atau rusaknya saluran dan pintu air.