Ingin Dapat Uang Jajan? Jangan Pernah Malu Berjualan, Ini Cara Memulainya

  • Bagikan

Oleh: Miranti Aisyiah Putri | Mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika (UBSI) Jakarta

Halo teman–teman semua…

Teruntuk para pelajar, mahasiswa/i atau yang belum mendapatkan pekerjaan, pasti kalian lagi sulit–sulitnya dapat uang jajan, kan?

Skincare habis, kuota habis, mau main sama temen–temen juga nggak ada uang. Pasti sulit bangetkan?

Aku mau kasih solusi nih buat kalian semua, agar bisa dapat uang jajan sendiri tanpa harus minta orang tua di masa pandemi seperti ini.

“Akh, pasti disuruh jualan,” Eitsss, jangan remehkan teman–teman. Emang kenapa sih dengan berjualan? Apa ada yang aneh dengan hal tersebut? Apakah berjualan membuat kalian malu?

Baca Juga:  Srikandi BRI: Perempuan Tangguh Dukung Kewirausahaan Sosial Ekonomi Berkelanjutan

“Aku malu kalau harus promosi di media sosial.” Teman–teman, kenapa sih kita harus malu dengan mempromosikan produk jualan kita di media sosial? Apa kalian takut diremehkan dengan orang lain? Atau sebenarnya kalian gengsi? Hayooooo..

Tahukah kalian siapa yang menciptakan brand “Nike”? Ya, Philip H Knight. Awalnya Knight itu berjualan sepatu keliling di stadion atletik. Berkat keuletan dan konsistensinya, kini dia mampu menciptakan brand ternama dan mendunia.

Dan apakah kalian tahu minimarket “Alfamart” yang tersebar hingga ke seluruh pelosok indonesia. Alfamart berawal dari toko sembako kecil yang bernama “Sumber Bahagia”. Siapa sangka? Usaha kecil yang bila ditekuni dengan serius dan penuh cinta akan bisa menjadi besar.

Baca Juga:  Bangkitkan Sektor UMKM Melalui Program Gernas BBI, Luhut: 60 Juta Orang Bekerja di UMKM

Masih malu untuk berjualan? Apakah hanya karena gengsi kalian akan terus membebani orang tua? Yuk, kita mulai sama sama agar bisa mendapatkan uang jajan sendiri.

Mulailah dengan menjadi reseller. Seperti menjual produk teman/kenalanmu dengan mengambil untung yang sedikit. Coba tawarkan kepada kerabat, keluarga dan juga saudara.

Mintalah pendapat mereka dengan produk yang kalian jual. Dengan begitu kalian akan bisa melanjutkan penjualan dan juga mengembangkannya. Dan ingat harus KONSISTEN, jangan sedikit sedikit berubah pikiran ya. Karena itu akan memberatkan mu juga.

Baca Juga:  Yasa Singgih Berbagi 6 Tips Jitu Membangun Brand Bisnis untuk Pelaku UMKM

Semangat buat kita semua yang sedang merasakan masa yang sulit ini. Jangan pernah putus asa, teruslah berusaha dan berdoa.

  • Bagikan