2 Kebaikan bagi Orang yang Berprasangka baik Pada Allah

  • Bagikan

KABARINDAH.COM – Berprasangka baik kepada-Nya merupakan salah satu hal yang penting juga dalam hidupmu. Tidak akan bisa kamu melihat sesuatu dari sudut pandang hikmah kalau kamu tidak memiliki prasangka baik pada Allah yang menciptakanmu.

Sebagai makhluk yang lemah manusia tidak tahu menahu apa yang dikehendaki-Nya. Sedangkan Dia Maha Mengetahui apa yang baik untuk kita, Dia akan memberikan apa yang kita butuhkan.

Rasulullah SAW bersabda, “Sungguh mengagumkan perkara seorang mukmin, sesungguhnya semua perkaranya menjadi kebaikan, dan hal itu tidak pernah terjadi kecuali bagi seorang mukmin, jika ia mendapat kesenangan ia bersyukur, maka hal itu menjadi kebaikan baginya, dan jika ia mendapat musibah, ia bersabar, maka itu menjadi kebaikan baginya.” (HR Muslim).

Jika melihat dan menelaah hadits yang diriwayatkan oleh imam Muslim di atas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa seorang mukmin akan mendapatkan kebaikan sepanjang hidupnya jika dia melakukan 2 hal, yakni:

1. Bersyukur jika mendapat kenikmatan

Seseorang yang bersyukur ketika mendapatkan kenikmatan sangatlah beruntung karena Allah akan menambahkan kenikmatan-kenikmatan yang lainnya. Ini sudah Allah janjikan dalam surat Ibrahim ayat 7, Allah SWT berfirman: “Jika kamu bersyukur maka akan Aku tambah nikmatku padamu”

Imam At-Thabari dalam buku tafsirnya menelaskan bahwa ayat ini mengandung makna “Apabila kalian beersyukur kepada tuhan kalian, dengan ketaatan kepadanya dalam segala perintah dan segala larangan-Nya, segala kenikmatan atas dirimu dan segala yang telah diberikan-Nya padamu.”

2. Bersabar ketika musibah datang

Kesabaran seseorang menunjukan tingkat keimanannya, semakin sabar seseorang semakin dekat pula dia dengan tuhannya. Banyak ayat dan hadits yang menerangkan keutamaan sabar di antaranya adalah Orang yang bersabar akan mendapat syafaat dari Rasulullah SAW di hari kiamat, Orang yang bersabar akan diberi ganjaran surga, dan dengan bersabar akan mendatangkan pertolongan Allah.

  • Bagikan