Muncul Lagi Virus Nipah, Ini Doa Agar Terhindar dari Wabah Penyakit Berbahaya

  • Bagikan

KABARINDAH.COM — Baru-baru ini beredar kabar munculnya virus Nipah. Epidemiolog dari Universitas Andalas (Unand), Sumatra Barat, Defriman Djafri mengingatkan para pemangku kepentingan terkait virus Nipah.

Virus ini sudah merupakan ancaman nyata terutama di negara-negara Asia Tenggara dan Asia Selatan. “Sebenarnya ini tidak tergolong baru, namun ini menjadi ancaman yang nyata ketika kita masuk ke negara-negara di Asia Tenggara dan Asia Selatan,” ungkapnya seperti dikutip dari Antara, Senin (1/2).

Menurut dia, virus Nipah memiliki kemiripan dengan virus corona atau COVID-19 dimana disebarkan oleh kelawar atau dengan kata lain tergolong zoonosis.

Umat Islam tentu tak boleh panik dalam menghadapi setiap keadaan. Berdoa adalah senjata bagi kaum Muslimin agar terhidar dari berbagai penyakit yang berbahaya. Karenanya, setiap selesai shalat penting untuk selalu memanjatkan doa agar terhindar dari penyakit.

Berikut ini adalah teks doa yang diajarkan Rasulullah SAW bagi agar orang-orang Mukmin:

.اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ البَرَصِ، والجُنُونِ، والجُذَامِ، وَسَيِّئِ الأسْقَامِ

Allāhumma innī a‘ūdzu bika minal barashi, wal junūni, wal judzāmi, wa sayyi’il asqāmi.

(Artinya: “Ya Allah, aku berlindung kepada Engkau dari penyakit lepra, gila, kusta, dan penyakit-penyakit yang buruk.”)

Teks doa itu bersumber dari hadis riwayat Abu Dawud dengan sanad yang sahih. Adapun yang dimaksud dengan sayyiil asqam dalam lafal doa tersebut adalah berbagai ragam penyakit yang dapat menimbulkan keburukan bagi manusia. Dalam kondisi sekarang, Covid-19 dan ancaman baru seperti virus Nipah dapat digolongkan sebagai demikian.

Semoga Allah selalu melindungi kita dari berbagai penyakit berbahaya.

  • Bagikan