Ibrah  

Doa untuk Orang Sakit agar Penyakitnya Disembuhkan & Diberi Kesehatan Kembali!

KABARINDAH.COM – Tentunya, siapa pun tidak menginginkan jatuh sakit. Namun, sakit adalah salah satu hal yang tidak bisa dihindari meskipun seseorang sudah berusaha menjaga kesehatan.

Ketika ada teman atau saudara yang jatuh sakit, maka sudah menjadi suatu keharusan bagi kamu untuk menjenguk mereka. Sedangkan menjenguk orang sakit pun ada tata cara dan etikanya tersendiri. Salah satunya adalah membacakan beberapa doa menjenguk orang sakit.

Saat ada keluarga atau kerabat yang sedang sakit, kamu langsung menjenguknya? Di mana menjenguk orang sakit merupakan hal yang dianjurkan oleh Allah Subhanallahu Wa ta’ala dan Rasul-Nya.

Dalam menjenguk orang sakit, kamu harus mempunyai adab yang sesuai dengan aturan Islam. Ini salah bentuk seseorang menunjukkan rasa empati. Namun tak lupa memberikan doa. Berikut doa untuk orang sakit yang bisa kamu panjatkan:

Allahumma rabban naas mudzhibal ba’si isyfi antasy-syaafii laa syafiya illaa anta syifaa’an laa yughaadiru saqoman.

Baca Juga:  Doa Sebagai Obat dan Perisai

Artinya: “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan rasa nyeri.” (HR. Bukhari, no. 5742; Muslim, no. 2191)

Doa untuk orang sakit ini dianjurkan dibaca supaya dapat mempercepat proses kesembuhan bagi orang yang sakit.

Doa untuk orang sakit bisa dipanjatkan untuk siapa saja agar diberikan jalan dalam mendapatkan kesembuhan. Tentunya, sebagai orangtua akan merasa khawatir ketika sang buah hati dalam kondisi sedang sakit.

Selain mengobati secara medis dengan obat-obatan, membacakan doa adalah bentuk usaha lain yang bisa dilakukan orangtua agar anaknya lekas sembuh. Orangtua bisa mendoakan kesembuhan bagi anak setelah selesai salat, membaca Al-quran atau sewaktu menidurkan anak.

Baca Juga:  Anak ialah Anugrah dari-Nya, Didiklah Mereka Sepenuh Hati

Berikut ucapan doa untuk anak sakit: “Bismillaahil Kabiiri. Nauudzu Billaahil Adhiimi Mm Syarri Irqin Na aarin Wa Min Syarri Harrin Naari.”

Artinya: “Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Dengan nama Allah Yang Maha Besar. Saya berlindung kepada Allah Yang Maha Agung dari kejahatan keringat yang mendidihkan darah dan dan kejahatanpanas api nereka.”

Siapa yang tidak bersedih saat mengetahui orangtua sedang terbaring sakit. Sebagai anak, tentu kamu akan mengusahakan berbagai cara untuk kesembuhan orangtua. Salah satunya dengan memanjatkan doa untuk orang sakit.

Berikut bacaan doa untuk orang tua sakit: “Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafi, Laa Syifaa-a Illa Syfaauka, Syifaan Laa Yughaadiru Saqaama.”

Artinya: “Ya Allah, Rabb manusia, hilangkan penyakit dan berikan dia kesembuhan, Engkau Dzat Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.”

Baca Juga:  Agar Hatimu Tentram, Bacalah Surah As-Sajdah, Kemudian Baca Doa Ini

Pastinya tidak ada orang yang mau merasakan sakit, obat pun dapat membantu menyembuhkan penyakit tersebut. Namun selain itu, kamu juga dapat menyertakan doa pengampunan dosa dan perlindungan untuk mereka yang sedang sakit.

Doa ini yang dibaca oleh Rasulullah SAW ketika menjenguk sahabat Salman Al-Farisi RA sebagaimana riwayat Ibnu Sunni: “Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.”

Artinya: “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia.”

Demikianlah rangkuman kumpulan doa untuk orang sakit. Jangan lupa memanjatkan doa kepada Allah SWT meminta diri kamu dijauhkan dari rasa sakit. Semoga kumpulan doa untuk orang sakit dapat bermanfaat ya.