Ibrah  

Ustadz Adi Hidayat: Jangan Berdoa Seperti Ini Saat Sujud

KABARINDAH.COM – Jangan berdoa seperti ini saat sujud karena membuat sholat tidak sah dan rusak kata Ustadz Adi Hidayat. Ia menegaskan agar saat sujud jangan berdoa seperti ini agar sholat sah dan tidak rusak.

Ada doa yang sangat berpotensi merusak sholat apalagi dibaca saat sujud. Hal inilah yang dijelaskan oleh Ustadz Adi Hidayat, karena merusak kaidah sholat bahkan tidak sah.

Lantas, berdoa seperti apa yang membuat sholat tidak sah dan rusak ini? Dilansir dari kanal Youtube Andryan Mars, berikut penjelasan Ustadz Adi Hidayat.

Ada dua jenis hukum sholat di dalam ajaran Islam, yakni wajib dan sunnah. Sholat wajib ini merupakan hal yang harus dikerjakan oleh setiap umat Muslim.

Baca Juga:  Optimisme di Tengah Wabah Corona

Jika mengerjakan sholat wajib ini, maka akan mendapatkan pahala yang besar. Sebaliknya, jika meninggalkan sholat wajib maka dosa pula yang akan dituai. Sementara sholat sunnah hukumnya bisa dikerjakan dan bisa juga tidak.

Jika mengerjakan sholat sunnah maka akan mendapatkan pahala dan keutamaannya. Namun jika tidak melaksanakan sholat sunnah, maka tidak mendapat apapun.

Ustadz Adi Hidayat menjelaskan, ada posisi dalam sholat yang sangat mustajab untuk memanjatkan doa. Posisi inilah yang dinamakan sujud yang merupakan salah satu gerakan sholat yang paling utama.

Ustadz Adi Hidayat mengatakan agar memperbanyak doa saat sujud dalam sholat. Doa ada yang disunnahkan oleh Rasullah SAW, yang sangat baik untuk dibaca saat sujud dalam sholat.

Baca Juga:  Empat Alasan Penting Mempelajari Shalat

Menurut Ustadz Adi Hidayat, selagi bacaan doa itu sesuai sunnah Nabi, maka dibolehkan untuk disuarakan. “Kalau doa itu pernah diajarkan nabi dengan lafadznya, maka baca dengan lafadznya itu sah,” ujar Ustadz Adi Hidayat.

Namun apabila ingin menambahkan doa sebagaimana terdapat dalam Al-Quran kata Ustadz Adi Hidayat, juga dibolehkan. Akan tetapi perlu diketahui, tentang niat membaca ayat di dalam Al-Quran sebagai doa kata Ustadz Adi Hidayat.

Artinya, niat membaca ayat tersebut sebagai doa bukan karena ingin membaca Al-Quran. Kecuali hanya potongan ayat itu saja yang bisa dibaca sebagai doa saat sujud dalam sholat.

“Kalau ayat Al Quran, tak boleh dibaca saat sujud kecuali potongan ayat yang diniatkan sebagai doa, bukan ayatnya secara lengkap,” kata Ustadz Adi Hidayat.

Baca Juga:  Inilah Khasiat dan Keutamaan Membaca Ayat Kursi

Sementara jika ingin berdoa menggunakan bahasa indonesia, maka sebaiknya di dalam hati saja kata Ustadz Adi Hidayat. Alasannya, jika menambah nambah bacaan doa saat sujud, maka sholat tidak sah.

“Sebaiknya cara berdoa harus diperhatikan terutama saat sujud, agar sholat tetap sah,” ujar Ustadz Adi Hidayat.

Itulah penjelasan Ustadz Adi Hidayat tentang cara berdoa saat sujud yang bisa membuat sholat tidak sah dan rusak. Barakallah.