Situs Pemeringkat Web Alexa.com Ditutup Amazon Mulai 1 Mei 2022

KABARINDAH.COM – Raksasa teknologi Amazon berencana menutup situs pemeringkat web Alexa.com mulai 1 Mei 2022 mendatang. Hal ini berdasarkan rilis resmi dari website alexa.com.

”25 tahun lalu, kami mendirikan Alexa Internet. Selama lebih dari dua dekade Alexa membantu Anda menemukan, mendapatkan, dan mengubah audiens digital Anda. Kami akan menghentikan layanan Alexa.com pada 1 Mei 2022. Terima kasih telah menjadikan layanan kami sebagai tempat meriset konten, melakukan analisis, meneliti keyword, dan masih banyak lagi,” demikian keterangan resmi dari situs Alexa.com.

Pengumuman serupa juga ada di laman resmi Amazon. ”Saat ini kami harus membuat keputusan sulit, yakni menghentikan Alexa.com,” tulis Amazon.

Menurut platform Software as a Service (SaaS) Semrush, lalu lintas organik Alexa.com dilaporkan terus menurun. Akibatnya, Amazon memilih menghentikan layanan Alexa.com.

Baca Juga:  3 Manfaat Baca Buku Self Improvement untuk Kematangan Diri

Selama ini Alexa.com merupakan anak perusahaan Amazon. Alexa juga banyak digunakan oleh berbagai media, perusahaan, dan lainnya untuk mengetahui peringkat aset digital mereka di internet.

Selain memberikan sistem peringkat situs web global, Alexa juga menawarkan rangkaian lengkap alat analisis Search Engine Optimization (SEO) dengan layanan berbayar.

Namun, pengguna layanan Alexa.com juga sudah tidak bisa lagi berlangganan situs tersebut, sebab layanan berbayar mereka sudah ditutup sejak 8 Desember 2021.