Halal  

Resep dan Cara Membuat Surabi Bandung yang Gurih dan Lezat!

KABARINDAH.COM – Surabi Bandung adalah kue tradisional serabi khas Sunda yang rasanya asin gurih, bagian atasnya ditaburi bumbu oncom pedas, telur dan kombinasi oncom telur dimasak dengan cetakan surabi.

Sedangkan serabi modern berasal dari Solo atau Surakarta yang dihidangkan dengan santan manis atau kinca dengan aneka rasa. Biasanya ukurannya lebih kecil sering disebut juga serabi mini khas Solo.

Kini juga muncul di bandung kue serabi modern dengan aneka rasa kinca atau saus kuah dengan rasa buah seperti durian, keju, coklat, dll.

Namun kalangan umum mengenal surabi dan serabi kinca dengan sebutan surabi. Kinca sendiri merupakan cairan manis berwarna gelap yang terbuat dari larutan gula merah atau aren.

Baca Juga:  Inilah 5 Sajian Khas Cirebon yang Lezat dan Menggugah Selera

Resep kali ini hanya membahas kue surabi tradisional dengan taburan oncom pedas dan telor surabi endog. Dimana kue surabi ini biasa dijual oleh ibu-ibu tua dipinggir jalan dengan cetakan sederhana menggunakan kayu bakar.

Kini mulai langka dan susah menemukan penjual surabi tradisionil ini makannya paling enak dengan resep rempeyek udang rebon, rempeyek ikan teri, atau dengan rempeyek kacang tanah. Jika ada sambal pedas tambah mantap.

Berikut kumpulan rahasia aneka kreasi dan variasi olahan resepi serabi Bandung bersarang dan berserat takaran sendok lembut dan empuk sajian sedap istimewa lengkap dengan cara bikin sendiri di rumah ala rumahan (Homemade) step by step anti gagal yang simpel, mudah dan praktis untuk konsumsi sendiri maupun untuk jualan ide usaha bisnis kue serabi tradisional khas Sunda.

Baca Juga:  Inilah 5 Kue Lebaran yang Khas dan Tradisional dari Berbagai Daerah

BAHAN-BAHAN:

– 200 gram tepung beras
– 600 ml santan, dari 1 butir kelapa
– 150 gram kelapa muda parut memanjang
– 2 sdm gula pasir
– 1/2 sendok teh garam

BAHAN PELENGKAP :

– Telur/telor ayam
– Oncom pedas
– Keripik udang rebon atau rempeyek kacang

CARA MEMBUAT ADONAN DASAR SERABI: Campurkan tepung beras bersama santan, setelah merata diamkan selama 30 menit, lalu tambahkan sisa bahan lainnya. Panaskan cetakan serabi/wajan kecil, tuang adonan sebanyak 1 sendok makan, tambahkan adonan perasa di atasnya. Masak hingga kering (adonan masak), angkat. Sajikan.