Ombudsman Evaluasi Pelayanan Publik Pemkot Sukabumi, Achmad Fahmi Berkomitmen Berikan Pelayanan Terbaik

  • Bagikan

KABARINDAH.COM–Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menyambut baik kedatangan Tim Survei Penilaian Kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Jawa Barat di Balai Kota Sukabumi, Jumat (17/9).

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Keasistenan Bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) Ombudsman Perwakilan Jawa Barat Sartika Dewi, Sekda Kota Sukabumi Dida Sembada, dan Asda Bidang Administrasi Iskandar.

” Kami sampaikan terimakasih kepada Ombudsman yang telah melakukan evaluasi dalam kerangka pendampingan dan perbaikan pelayanan publik dan dilaksanakan dengan baik,” ujar Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi.

Dalam kegiatan ini Pemkot Sukabumi berkomitmen untuk mewujudkan standar pelayanan publik yang terbaik. Pemkot memahami benar Undang-undang Nomor 25 tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Perda Nomor 9 tahun 2019.

Baca Juga:  Luar Biasa! Dua Kampus Islam dan Katolik Jadi Tuan Rumah Temu Nasional XV 2021 FORTEI

Ketentuan ini kata Fahmi, jadi ruh untuk terus memacu dan memotivasi SKPD dalam pelayanan publik dengan berbagai kondisi yang ada. Intinya harus terus berkomitmen kuat untuk melakukan perbaikan dan akan tindaklanjuti evaluasi.

Fahmi menjelaskan pada 2021 ada lomba inovasi Kompetisi Inovasi Kota Sukabumi. Di mana hasilnya ada 65 inovasi layanan dari seluruh SKPD dan 9 besar dikirimkan ke Pemprov Jabar dan pusat.

” Kami berkomitmen melakukan perubahan di tengah pandemi. Pelayanan publik tifa berhenti dan tetap dilakukan maksimal,” tegas Fahmi. Pelayanan publik akan semakin baik dengan berbagai cara, butuh dukungan dan masukan dari Ombudsman.

Baca Juga:  Ridwan Kamil Harap ICMI Bantu Perkuat Digitalisasi Desa untuk Tekan Urbanisasi

Bahkan layanan kesehatan Homecare masuk top 45 inovasi layanan nasional. Di mana Pemda berkolaborasi dengan Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Tak sampai disitu, kolaborasi dengan Rumah zakat, rumah singgah di Bandung, banyak warga layanan rujukan karena keterbatasan biaya.

Masih kata Fahmi, Program Udunan Online digulirkan membantu warga yang membutuhkan dukungan cepat. ” Bentuk inovasi berkolaborasi akan diperbanyak, bukan hanya Pemda tapi pihak lain akan terlibat,” pungkas Fahmi. Masih banyak kekurangan dan komunikasi akan diperbaiki.

Kepala Keasistenan Bidang Penerimaan dan Verifikasi Laporan (PVL) Ombudsman Perwakilan Jawa Barat Sartika Dewi menambahkan, kegiatan ini survei kepatuhan Ombudsman yang merupakan bagian dari instrumen pelaksanaan RPJMN jadi opini pelayanan publik pelayanan Reformasi birokrasi.

Baca Juga:  Perbaikan Jalan di Kota Sukabumi, Achmad Fahmi Terus Pantau!

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada Pemkot yang telah menerimanya dengan baik. ” Mendorong agar konsisten memberikan standar pelayanan publik. Secara umum kami ucapkan terimakasih karena telah diterima dengan baik,” ujar Sartika.

  • Bagikan